Embung Bulakan Rampung 50 Persen dari Nilai Kontrak


Senin, 05 Oktober 2015 - 19:02:30 WIB

Direktur PT. Adta Surya Prima yang dihubungi ke­marin mengakui, proyek tersebut, secara keselu­ruhan termasuk jalan masuk ke lokasi embung baru ram­­­pung 50 persen dari ang­garan tersedia pada pe­ker­jaan tahap awal ini. “Ki­ta optimis sampai akhir ang­garan Desember mendatang sudah bisa diselesaikan se­suai kontrak,”ulasnya.

Dikatakan, mutu atau kualitas pekerjaan proyek tetap diutamakan, supaya mampu bertahan lama. Lagi­pula ada mesin pencampur material bahan kerekel, pasir dan semen, sehingga mendapatkan coran ber­mutu sesuai spek. Selain itu, batu pasangan dicuci ter­lebih dahulu guna meng­hilangkan tanah yang leng­ket ke batu.

Untuk efisiensi waktu, pekerjaan berlangsung siang dan malam, sehingga dipre­diksi penyelesaian proyek lebih cepat dari batas waktu 180 hari kerja.

Mudah mu­da­han proyek pembangunan embung ini berlanjut tahun depan agar bermanfaat bagi masyarakat Kota Paya­kum­buh, baik untuk pengairan sawah, air baku maupun sebagai objek wisata, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kepala Dinas PU Paya­kumbuh, Marta Minanda, yang dihubungi sebelumnya mengatakan, embung atau waduk di Kelurahan Lim­bukan itu, dibangun ber­wawasan lingkungan, tidak hanya buat irigasi lahan pertanian, tapi juga berfungsi sebagai  sumber air baku dan kawasan Pariwisata dan Perikanan.

Dikatakan, sumber  air embung ini cukup besar, berasal dari mata air Bula­kan  kelurahan setempat. Air ini mengaliri sungai-sungai kecil di kawasan Limbukan.

Lebih kurang 450 hektar sawah masya­rakat yang mam­pu dialiri sumber air tersebut. Mata air Bulakan juga mengaliri 64 hektar sawah di daerah hilir, pada sejumlah kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Selatan dan sekitarnya.

Embung ini diharapkan mampu memberikan ke­mam­puan menambah debit air irigasi Sungai Dareh, yang akan mengaliri ratusan hektar dan kolam ikan mi­lik  masyarakat di Paya­kunbuh Selatan dan Ke­camatan Payakumbuh Ti­mur.

Pada musim kemarau, debit air irigasi Sungai Dareh tak mampu menyuplai air areal persawahan di Pa­yakumbuh Timur. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Desember 2019 - 15:57:14 WIB

    Pembangunan Embung Padang Roco, Sutan Riska : Usahakan Akhir Tahun Rampung

    Pembangunan Embung Padang Roco, Sutan Riska : Usahakan Akhir Tahun Rampung DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Jelang akhir tahun, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan sibuk ke lapangan. Raja muda itu melakukan pemantauan terhadap seluruh proyek yang dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya..
  • Ahad, 29 September 2019 - 16:11:53 WIB

    Embung Lurah Rawang Segera Rampung

    Embung Lurah Rawang Segera Rampung PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Harapan masyarakat Kota Payakumbuh untuk memiliki sumber air baku baru, segera terwujud. Hal itu mengingat hampir rampungnya pembangunan Embung Lurah Rawang yang ada di selatan Kota Payakumbuh..
  • Ahad, 22 September 2019 - 16:55:57 WIB

    Nagari Taeh Bukik Segera Miliki Embung

    Nagari Taeh Bukik Segera Miliki Embung LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Perhatian pemerintah pusat untuk pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota, patut diacungi jempol. Buktinya saja, tahun ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Raky.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 16:01:18 WIB

    Pemko Payakumbuh akan Bangun Reservoir Embung Bulakan

    Pemko Payakumbuh akan Bangun Reservoir Embung Bulakan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Upaya untuk memenuhi pasokan air bersih terus dilakukan Pemko Payakumbuh. Setelah melakukan pembangunan Embung Batang Dareh Bulakan di Payakumbuh Selatan, Pemko juga bakal membangun reservoirny.
  • Kamis, 28 Juni 2018 - 10:45:52 WIB

    Bukittinggi Segera Miliki Embung Bernilai Rp38 Miliar

    Bukittinggi  Segera Miliki Embung Bernilai Rp38 Miliar Pembangunan embung juga dipadukan dengan konsep pariwisata, sehingga nantinya keberadaan embung akan menjadi objek wisata baru di Bukittinggi. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]