Masyarakat Ragukan Penerapan Perda Sampah


Senin, 05 Oktober 2015 - 19:11:51 WIB

“Lihatlah di dekat banda bakali GOR Agus Salim, sampah berserakan,” ucap Herman, warga GOR Agus Salim.

Herman juga menilai penerapan Perda sampah itu hanya buang-buang anggaran. Tidak ada bedanya kondisi sampah ketika ada peraturan atau tidak ada peraturan.

“Kami di Rimbo Kaluang ini biasanya ada yang mengambil sampah sekarang tidak ada lagi. Jadi sepanjang belakang SMA 2 itu sampah bergelantungan. Di Tempat Pembuangan Sementara baknya juga sudah penuh,” kata Herman.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang Afrizal Khaidir yang dikonfirmasi Haluan, mengatakan, sebelumnya penerapan Perda sampah memang bertahap.

Untuk tahap pertama, dari Januari hingga September, penerapan sanksi mulai diberlakukan pada 10 kawasan, yaitu di kawasan Jalan Bagindo Azis Chan, Sudirman, Rasuna Said hingga ke Khatib Sulaiman.

Lalu, dari kawasan Jalan S Parman, Juanda, Veteran, Damar dan Pemuda, Jalan Ratulangi dan Belakang Olo. Berikutnya, Jalan A Yani, Jalan Ujung Gurun, Jalan Raden Saleh, Pantai Padang, Pantai Air Manis, Pantai Pasir Jambak dan terakhir di kawasan Jalan M Yamin.

“Sudah ratusan orang ditertibkan. Dari semua jumlah lokasi itu, puluhan pembuang sampah sembarangan sudah disanksi. Mereka umumnya adalah masyarakat luar yang datang ke Kota Padang. Kalau untuk maksimalnya kita akui memang masih kurang,” terang Afrizal.

Dari pantauan Haluan, di sejumlah ruas jalan di Kota Padang, memang masih banyak pengguna kendaraan pribadi yang dengan santai membuang sampah makanan dari atas kendaraannya.

Sejumlah warga Kota Padang juga mengaku tak melihat petugas yang memantau di lapangan, sehingga pemilik kendaraan tidak mendapatkan sanksi apa-apa dari pelanggaran Perda yang dia lakukan, yakni denda Rp 5 juta dan kurungan tiga bulan penjara.

Padahal, Perda tentang pengelolaan sampah sudah benar-benar diterapkan mulai 1 Oktober 2015 lalu, di mana pemberlakuan kawasan bebas sampah di Kota Padang diterapkan pada seluruh wilayah di Kota Padang.

Melihat kenyataan di lapangan bahwa sampah masih bertebaran di sejumlah lokasi, wajar saja masyarakat meragukan ketegasan Pemko Padang.(h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]