Tak ada Peningkatan Penderita ISPA


Senin, 05 Oktober 2015 - 19:16:44 WIB

Menurutnya, tidak ada peningkatan yang mencolok antara sebelum kabut asap terjadi dengan sebelumnya. Perbandingannya juga ter­bilang kecil dari 100 pasien lebih kurang hanya 10 di­antaranya yang me­ngidap karena kabut asap seperti ISPA, batuk, dan gatal-gatal.

“Untuk pasien penderita ISPA, batuk, dan alergi ud­a­ra ini setiap harinya rata-rata lima orang dari anak-anak dan empat hingga lima orang dari orang dewasa,” ujarnya, Senin (25/10).

Hal yang sama juga dika­takan oleh Kepala Pus­kes­mas Kuranji Dr Versiana bahwa, jumlah pasien ISPA atau pasien yang terkena dampak kabut asap tidak terlalu meningkat. Setiap harinya paling banyak hanya 8 hingga 10 orang yang da­tang ke puskesma untuk  berobat.

“Pasien yang datang ti­dak terlalu banyak, dan pe­ngobatannya hanya sam­pai pada puskesmas saja. Arti­nya, tidak ada pasien yang kena dampak kabut asap yang sampai dirujuk ke ru­mah sakit,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini ma­sya­rakat sudah cukup siaga dan paham dengan kondisi yang ada, dan sudah berkaca da­ri pengalaman-penga­la­man se­belumnya menda­patkan ka­but asap dari pro­vin­si te­tangga. Namun de­mikian, ia te­tap me­nghim­bau masya­rakat supaya tetap menjaga po­la makan dan mengurangi ak­tivitas diluar rumah. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]