2.445 Prodi Pendidikan Vokasi Masih Terakreditasi C


Senin, 05 Oktober 2015 - 19:22:59 WIB

Mengatasi masih ba­nyak­nya akreditasi C ini dan perbedaan yang mencolok tersebut, Kemenristek Dikti menyiapkan suatu kerangka yang bisa menjadi tolak ukur penetapan kampus bermutu atau tidak. Yaitu melalui Kerangka Kualifikasi Na­sional Indonesia (KKNI) yang sudah diatur dalam UU Nomor 12 tahun 12 pasal 29 tentang KKNI. Tujuan diber­lakukannya KKNI bagi pen­didikan vokasi adalah untuk menyetarakan mutu lulusan, pengembangan sistem pen­jaminan mutu, pengem­bang­kan kurikulum, penataan jenis dan strata pendidikan dan lainnya.

“KKNI ini lahir dari kesenjangan mutu, jumlah dan kemampuan, relevansi penghasil vs pengguna yang menimbulkan pengang­gu­ran dan sejumlah alasan eksternal lainnya seperti tantangan dan persaingan global,” tutur Aris saat mem­bacakan orasi ilmiahnya tentang kebijakan mutu pen­didikan tinggi vokasi dalam ke­giatan dies natalis ke-28 Poli­teknik Negeri Padang (PNP), di auditorium setempat Senin (5/10).

Ia juga berharap dengan dite­tap­kannya standar mutu yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi ini, bisa me­micu lahirnya lulusan terbaik.

Sementara itu, Direktur PNP Padang Aidil Zamri mengatakan, untuk peningkatan kualitas lulu­san, pihaknya juga memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Saat ini, sebanyak 41 dosen sedang menempuh pendidikan doktor di berbagai perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Dan 13 orang dosennya telah me­nyele­saikan pendidikan S3.

“Pada tahun ini juga kami melakukan pembangunan dua gedung laboratorium dan gedung workshop. Disamping itu, kami terus melakukan pencarian lokasi baru untuk PNP, karena area sekitar 8 hektare saat ini, belum memadai,” ucapnya.

Aidil mengatakan, dengan banyaknya laboratorium, ruang kelas dan bangunan lainnya yang perlu dibangun ribuan maha­siswa, PNP membutuhkan lahan yang lebih luas. Saat ini pihaknya sedang berupaya mencari lahan sekitar 30 hektare untuk pem­bangunan kampus yang repre­sentatif. Selain adanya desakan pembangunan labor yang lengkap, pelebaran kampus ini juga di­desak dengan membludaknya peminat PNP.

“Pada tahun ini kami tidak menyangka jumlah peminat men­capai 19.149 orang atau pening­katan 65 persen dari tahun sebe­lumnya. Sementara, daya tam­pung  tetap sama sekitar 1.200 orang,” pungkas Aidil. (h/eni)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]