TNI Harus Jadi Perekat Kemajemukan


Senin, 05 Oktober 2015 - 19:25:41 WIB

Presiden juga menegaskan bahwa bersama-sama rakyat, TNI harus terus menjaga kebhinneka tunggal ika-an. Karena hanya dengan itu, Indonesia bisa menjadi bangsa majemuk yang kuat dan solid. “Hal itu perlu saya tekankan, karena bangsa kita bukan hanya menghadapi tantangan di bidang politik, keamanan dan ekonomi, namun juga menghadapi tantangan dalam mengelola kemajemukan,” tambah Presiden Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upa­cara.

Kemajemukan bisa menjadi kekuatan yang maha dasyat jika mampu menjaganya dengan baik. “Banyak bangsa yang harus meng­hadapi takdir sejarah, terpecah-belah, tercerai-berai karena tidak mampu menjaga kemajemukan. Ini tidak boleh terjadi di Bumi Pertiwi kita. Keragaman dan perbedaan janganlah menjadi sumber konflik,” kata Presiden.

Presiden juga menegaskan bahwa kemajemukan seharusnya semakin melengkapi atas keku­rangan dan kelebihannya masing-masing.

Sehingga keragaman justru menjadi perekat bangsa, menjadi energi kolektif mencapai kema­juan bangsa. “Kita harus mampu menjadikan kemajemukan itu sebagai kekuatan kita dalam menyongsong masa depan,” tam­bah Presiden dalam kesempatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Pre­siden juga mengapresiasi tema HUT TNI ke-70, yaitu “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Pro­fesional Siap Mewujudkan Indo­nesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Demo Tempur

Upacara peringatan HUT Ke-70 TNI yang dipimpin oleh Presiden  itu juga menampilkan demo tempur udara. Dua pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara, Sukhoi 27 dan Sukhoi 30 melakukan pertempuran udara jarak dekat atau dogfigtht dalam demonstrasi udara pada Peri­ngatan HUT Ke-70 TNI di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin.

Dalam skenario demonstrasi, dua pesawat tempur buatan Rusia itu melakukan pertempuran uda­ra dengan pesawat musuh (pesa­wat F-16). Para penerbang Jet Tempur Sukhoi dapat mengambil alih kendali pertempuran yang akhirnya pesawat musuh berbalik terancam setelah pesawat Sukhoi melakukan manuver High G Barrel, berputar ke atas dengan gaya G yang besar berpindah cepat ke belakang musuh.

Rudal Sukhoi ditembakkan menuju sasaran, walaupun pe­sawat musuh mengeluarkan flares yang berfungsi sebagai pengecoh rudal, hingga akhirnya pesawat musuh dapat dihancurkan.

Pesawat Sukhoi mempunyai kemampuan yang ditakuti dalam pertarungan udara dengan desain aerodinamis, kemampuan mesin yang superior serta persenjataan canggih, pesawat Sukhoi TNI Angkatan Udara mendukung kemampuan dalam menjaga wila­yah udara RI.

Dalam demonstrasi  laut ber­bagai aksi peperangan, penem­bakan, serbuan tank, terjun tem­pur, serta sailing pass dengan formasi tempur. Dalam operasi tempur laut tersebut prajurit TNI AL melakukan penerjunan yang dilakukan oleh Kopaska dan Taifib Marinir yang merukan pasukan elit TNI AL dan tem­bakan tembakan dari beberapa kapal perang dan juga alutsista marinir seperti dari senjata RM 70 Grad dan tank amfibi BMP 3F. (h/dn/ant)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 13:36:16 WIB

    Sidang di MK Digelar, 9.311 Personel TNI-Polri Jaga Jatim

    Sidang di MK Digelar, 9.311 Personel TNI-Polri Jaga Jatim SURABAYA, HARIANHALUAN.COM -- Jelang pelaksanaan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 di Mahkamah Konstitusi, Polda Jawa Timur (Jatim) menyiagakan ribuan personel gabungan untuk melakukan pengamanan sejuml.
  • Jumat, 24 Mei 2019 - 15:59:12 WIB

    Prabowo Gugat Pilpres, 800 Personel TNI-Polri Amankan MK

    Prabowo Gugat Pilpres, 800 Personel TNI-Polri Amankan MK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan pihaknya menambahkan jumlah personel keamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) terkait rencana pendaftaran gugatan hasi.
  • Selasa, 30 April 2019 - 22:05:44 WIB

    30 Personil Polri dan TNI Solsel Disiagakan

    30 Personil Polri dan TNI Solsel Disiagakan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Solok Selatan (Solsel), AKBP Imam Yulisdianto bakal melakukan optimalisasi dalam pengamanan rekapitulasi surat suara Pemilu tingkat kabupaten yang diagendakan pada Jumat (3/5). Setid.
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 00:59:07 WIB

    Panglima Akan Evaluasi Hak Politik TNI

    JAKARTA, HALUAN—Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, memenuhi undangan Panitia Khu­sus (Pansus) RUU Pemilu di Ge­dung DPR RI. Awalnya, kehadiran Pang­lima TNI guna membahas penga­manan dan penegakan hukum dalam Pemil.
  • Senin, 26 Oktober 2015 - 20:52:09 WIB

    Anggota DPR dan Perwira TNI Digerebek

    MKD TUNGGU HASIL PEMERIKSAAN DENPOM

    JAKARTA, HALUAN — TNI AD merilis informasi anggota DPR Arzetti Bilbina digerebek saat berduaan di hotel dengan Dandim Sidoarjo, Letkol Kav Rizeki Indrawijaya. .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]