Dharmasraya Impikan Indonesia Bebas Asap


Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:28:52 WIB

Kapsul Waktu 2085 me­ru­pakan sebuah upaya untuk menghimpun dan meng­kris­talisasi impian masyarakat seluruh Indonesia. Seluruh impian tersebut akan di­tam­pung dalam satu kapsul dan kemudian dikirab keliling nusantara, serta akan di­ta­nam dalam sebuah mo­nu­men di ujung Indonesia, yaitu di Merauke.

“Ini suatu kehormatan bagi kami masyarakat Ka­bu­paten Dharmasraya dising­gahi oleh tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085, karena tidak semua kabupaten/kota yang disinggahi Tim Eks­pedisi yang digagas oleh Kementerian Sekreatriat Negara ini,” ungkap Sya­frizal Ucok.

Pada kesempatan itu, Syafrizal Ucok dalam am­ant­nya memperkenalkan Kabupaten Dharmasraya kepada Tim Ekspedisi yang berasal dari Jakarta tersebut. “Dharmasraya merupakan kabupaten hasil pemekaran yang multi etnis. Dhar­mas­raya merupakan salah satu macam ekonomi Sumbar, sebagai lumbung pangan Sumatera Barat, sebagai kabupaten yang didominasi pertanian, maka daerah ini menjadi sentra penghasil pangan seperti beras, daging dan ikan,”Katanya.

Lanjut, ia juga me­nga­takan dari usaha pertanian tersebut, masyarakat Dhar­masraya dapat hidup de­ngan taraf ekonomi yang lebih baik. Pertumbuhan ekononi rata-rata pertahun mencapai di atas enam per­sen. Dengan kondisi pe­re­konomian yang baik, se­cara berangsur-ang­sur m­a­sya­rakat me­ning­kat­kan ta­raf pendidikan, de­ra­jad kesehatan dan mampu se­jajar dengan kabupaten lain, bahkan sudah berada di garis depan berbagai bidang.

Sementara, Ketua Pa­nitia Daerah Ekspedisi Kap­sul Waktu 2085, juga me­ngu­capkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas penyambutan yang di­berikan masyarakat Dharmasraya.

“Kami benar-benar ter­sanjung dan mengucapkan terima kasih atas penyam­butan ini. Kami tidak men­yang­ka akan seperti ini pen­yam­butan dari masyarakat Dharmasraya, yang sangat mendukung pro­gram dari sekreatariat Negara ini, “ung­kap Hendri Irawan Dt. Tanbijo.

Hendri Irawan men­jelas­kan, Kapsul waktu itu adalah sebuah kontainer, yang di­dalamnya berisi lima buah kapsul, di mana nantinya akan diisi dengan impian dan harapan dari masyarakat se Indonesia.

“Saat ini dalam kapsul tersebut sudah ada lima impian dari lima provinsi. Touring yang kami lakukan ini telah dimulai dari Kota Bukittinggi, Kabupaten Li­ma­puluh Kota, Kota Paya­kum­buh, Kabupaten Tanah Datar, dan terakhir di Dhar­masraya. Selanjutnya kami akan melanjutkan per­jalanan ke provinsi Jam­bi, untuk menghimpun im­pi­an dari masyarakat Jam­bi,” katanya.

Kesempatan itu juga, yayasan dompet duafa pe­duli memberikan masker kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara pelepasan rombongan tim ekspedisi kapsul waktu 2085.

Di akhir acara, rom­bo­ng­an tim ekspedisi kapsul waktu dilepas secara resmi oleh Bupati didampingi For­kopimda Kabupaten Dhar­mas­raya dan undangan lain­nya menuju Jambi. (h/mdi/mg-bdr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]