Satpol PP Razia Pekat, Belasan Wanita Diamankan


Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:36:05 WIB

Kemudian operasi dilanjutkan ke arah Tabing pada pukul 23.30, tepatnya di kos-kosan yang diduga sebagai kos campur di Jalan Parak Anau, Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah.

Setiba di sana, ternyata benar kos-kosan tersebut adalah kos campur, terbukti aparat langsung me­ngamankan satu orang wanita yang tidak bisa me­nunjukkan identitasnya dan langsung diamankan ke Mako Pol PP.

Setelah mengamankan belasan orang perempuan dari kedua tempat, kembali pada pukul 02.00 WIB, Selasa (6/10) dini hari, tim gabungan dari Satpol PP Padang, Satuan Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Kota (SK4) yang berisikan personel dari Pengendalian Masyarakat (Dalmas), TNI, dan juga Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat melanjutkan razia ke arah Pondok, tepatnya di Damarus Karaoke di kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan.

Di sana, ditemukan 17 orang perempuan yang tidak bisa menunjukkan identitas dan tanpa pikir panjang, aparat penegak Peraturan Daerah (Perda) ini meng­gelandang belasan wanita tersebut ke kantor Pol PP di Jalan Tan Malaka, Kota Padang.

Salah seorang perempuan sempat memberontak kepada petugas karena tidak mau diangkut oleh petugas karena dia punya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jan dibaok den, den ado KTP, manga dibaok, apo salah den? Kan ado pengenal mah, biasonyo kan kayak itu juo mah, kalau ado KTP kan ndak diangkuik doh mah,” ujarnya sambil berontak kepada petugas.

Banyaknya masyarakat yang menyaksikan peng­gerebekan tersebut membuat arus jalanan di sekitar Kampung Nias, Kelurahan Pondok, Kecamatan Padang Selatan itu menjadi tersumbat.

Kepala Bidang P3HD Eddy Asri mengatakan kepada Haluan, wanita yang dijaring di Damarus Karaoke tidak bisa menunjukkan identitasnya dan tempat tersebut melewati jam operasional yang telah ditentukan.

“Wanita yang melawan kepada petugas di tempat tersebut mengira bahwa dengan menunjukkan KTP dia tidak diamankan, itu tidak benar, karena tetap saja akan kita bawa ke kantor untuk dimintai keterangannya, dan juga Damarus Karaoke tersebut telah melewati jam operasional tempat karaoke,” terang Eddy.

Selanjutnya aparat gabungan mengarahkan ’kapal’ ke kawasan Diponegoro, Kecamatan Padang Barat, tepatnya ke Lavender Guest Housepada pukul 02.15 WIB, di sana ditemukan satu orang pasangan yang tidak bisa menunjukkan surat nikahnya kepada petugas. Tanpa pikir panjang, petugas langsung mengamankan kedua pasangan ilegal ini.

Terakhir aparat gabungan menuju ke Axana Hotel di Jalan Bundo Kanduang. Di sini petugas dari BNNP Sumbar memeriksa pengunjung hotel yang terlibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Setelah melakukan pemeriksaan lebih kurang satu jam, ternyata tidak ditemukan pengunjung yang terlibat penggunaan zat adiktif ini.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Padang, Firdaus Ilyas kepada media mengatakan, fokus razia kali ini ke tempat penginapan dan beberapa tempat hiburan di Kota Padang.

“Razia kali ini melibatkan BNN, untuk memeriksa orang-orang yang diamankan apakah terlibat penya­lahgunaan narkoba dan kami juga memeriksa identitas wanita yang kami amankan,” jelasnya.

Firdaus Ilyas menambahkan, untuk yang positif menggunakan narkoba atau memiliki kecanduan, pihaknya akan serahkan kepada BNN untuk dilakukan rahabilitasi, untuk perempuan malam yang diamankan akan diperiksa lebih lanjut.

“Pada saat dilakukan penggeledahan di salah satu hotel, ditemukan alat kontrasepsi kondom bekas pakai dan baru sebanyak enam unit,” ungkapnya. Firdaus menjelaskan, untuk tempat spa di hotel tersebut tidak ada masalah. Pihaknya mem­perma­salah­kan jika hotel itu ilegal, jika tidak resmi akan kami tindak.

“Untuk penghuni hotel yang berasal dari luar Kota Padang yang tidak bisa menunjukkan identitasnya pada saat kami periksa, tentu saja akan kami gelandang ke kantor untuk diperiksa dan dimintai keterangannya lebih lanjut,” tutupnya menjawab pertanyaan wartawan. (h/mg-adl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]