Frekuensi Wisuda Bertambah, Pencaker Membengkak


Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:38:21 WIB

Jika tahun 2014 lalu job fair oleh  Dinsosnaker Ko­ta Padang hanya dilakukan satu kali dalan setahun, ta­hun 2015 sekarang ditam­bah menjadi dua kali dalam satu tahun.

“Berbeda dengan tahun lalu yang hanya satu kali, tahun sekarang kita lak­sa­nakan job fair dua kali, yaitu bulan Juni dan bulan Agustus lalu.  Tujuannya, agar ang­ka pencari kerja Kota Padang yang terbilang tinggi, bisa dikurangi,”  ujar Kepala Dinsosnaker Padang melalui Kabid Penta Lattas Din­sosnaker Kota Padang, Hen­ry pada Haluan, ke­ma­rin.

Henry mengatakan, bia­sanya rata-rata pencari kerja yang terdata di Dinsosnaker Padang hanya dikisaran 13 ribu orang, namun data ter­akhir, instansi ini me­nun­jukkan menunjukkan, hing­ga bulan Agustus lalu, jum­lah pencaker tercatat men­capai 18.536 orang.

Menurutnya, beberapa hal menyebabkan angka pen­­caker ini terus me­nga­lami peningkatan. Salah satunya, disebabkan ba­nyak­nya lu­lusan yang dike­luar­kan oleh kampus-kam­pus atau per­guruan tinggi yang ada di Kota Padang. Se­mentara lapangan pekerjaan yang tersedia masih minim.

“Dalam satu kali periode wisuda yang biasa dilakukan satu kali dalam empat bulan sekali, penambahan jumlah pencaker dari lulusan sar­jana bisa mencapai 9.000 orang,” ungkap Henry.

Selain pelaksanaan wisu­da rutin ia nilai, hal lain yang juga  turut menyumbang tingginya angka pencari ker­ja Kota Padang adalah, pele­mahan ekonomi yang saat ini terjadi mulai dari tingkat nasional, hingga ke daerah.

“Perusahaan yang tak sanggup bertahan mau tak mau harus mem PHK kar­yawan mereka.  Hal ini, juga telah terjadi pada be­berapa perusahaan di Kota Padang,” terangnya.

Melihat pada tingginya angka pengangguran tadi, jika hanya mengandalkan kegiatan job fair, pengu­rangan atas pencaker akan sulit dilakukan. Kare­na­nya,  tambahnya lagi, ber­bagai upaya lain, dan, salah satunya mengadakan pe­latihan untuk pencaker juga terus dilakukan.

“Bentuk pelatihan yang kami beri, diantaranya, pen­cari kerja diarahkan untuk menjadi pelaku usaha atau bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Ini sesuai juga dengan visi misi pe­merintahan Kota Padang yang sekarang, yakninya menciptakan 10.000 wira­usahawan baru,” pungkas­nya. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 November 2015 - 19:48:37 WIB

    Frekuensi Pembuatan SIM Online Turun

    PADANG, HALUAN — Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang menyebutkan bahwa semenjak diberlakukan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online, pembuatan SIM menjadi menurun.

    Kepa.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]