Pemko Padang dan Lembaga Konsumen Harus “Bereaksi”


Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:39:12 WIB

“Pemadaman bergilir membuat alat-alat elek­tro­nik rusak. Selain itu, ma­syarakat yang usahanya meng­gunakan listrik seperti foto kopi, laundry, dan usaha lainnya, bisa rugi,” ujar Wahyu yang saat dihu­bu­ngi Haluan berada di Sura­baya, Selasa (6/10), dalam rangka kunjungan kerja.

Ia menyarankan, Pe­me­rintah Kota Padang harus mempertanyakan perihal pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLN dari tahun ke tahun.

Lembaga konsumen juga harus mempertanyakan per­soalan itu kepada PLN, karena masyarakat adalah konsumen PLN, yang diru­gikan atas pemadaman itu, padahal masyarakat mem­bayar untuk mendapatkan listrik.

“Kalau perlu, Pe­me­rin­tah Kota Padang sudah ha­rus berpikir untuk membuat pembangkit listrik sendiri jika PLN tidak mam­pu me­nyediakan listrik kepada masyarakat,” sebutnya.

Ia juga menyoroti tidak transparannya PLN wilayah Sumbar dalam memberikan informasi tentang pe­ma­daman listrik. Menu­rutnya, kalau ada informasi yang jelas dari PLN tentang jadwal pemadaman, masyarakat bisa menyiapkan diri menghadapi pemadaman bergilir tersebut.

Sementara itu, Deputy Manager Komhad PLN Wi­layah Sumbar, Ridwan men­jelaskan, pemadaman ber­gilir di Kota Padang terjadi karena pihaknya sedang melakukan pemeliharaan terhadap sebagian besar pembangkit.

Jadwal pemadaman ter­sebut, kata Ridwan, harus dilakukan tepat waktu untuk menjaga kehandalan pem­bangkit agar tidak rusak.

“Selama pemeliharaan berlangsung, pembangkit berada dalam po­si­si off atau tidak ada be­kerja, sehingga tidak ada penyaluran arus litrik dari pembangkit ter­sebut, yang ber­akibat pada kurang terpenuhinya ke­butuhan listrik ma­sya­rakat,” tutur Ridwan yang dihu­bungi terpisah.

Terkait pemberitahuan jadwal pemadaman bergilir, pihaknya mengumumkan hal itu melalui media massa di Kota Padang secara ber­gantian. Pemberitahua itu meliputi masing-masing kawasan di Padang. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]