Bawaslu Laporkan KPU Sumbar ke DKPP


Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:46:48 WIB

Hal ini tertuang dalam status kasus yang diumumkan Bawaslu Sumbar, Selasa (6/10). Pengumuman itu ditempel di kaca kantor Bawaslu Sumbar, Jl Pramuka Raya Padang.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sumbar, Aermadepa mengatakan, pihaknya pelanggaran administrasi yang dimaksud adalah nama rekening kampanye yang mengatasnamakan tim paslon. Seharusnya adalah nama paslon bukan tim dan hanya satu rekening kampanye.

“Awalnya rekening yang dilaporkan hanya satu, namun saat pelaporan dana awal kampanye rekeningnya sudah berbeda pula. Nah rekomendasi pelanggaran admi­nistrasi paslon ini kami teruskan ke KPU Sumbar untuk ditindaklanjuti, nanti bagaimana prosesnya tentu di KPU,” ujarnya, Selasa (6/10).

Terkait pelanggaran kode etik oleh KPU Sumbar, Aermadepa mengatakan, KPU Sumbar tidak profesional dalam bekerja. Akibat kesalahan bekerja itu, paslon MK-FB dan IP-NA atau tim masing-masing, jadi salah dalam mem­buat rekening dana kampanye.

Dikatakan juga, meskipun kedua paslon direkomendasikan ke KPU karena pe­langgaran administrasi namun tidak akan mem­pengaruhi atau sampai pada pem­batalan paslon. Berbeda jika persyaratan tidak lengkap atau ada yang kurang, baru ada kemungkinan untuk dicoret.

Diberitakan sebelumnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LPMRI di­ketuai Herman Tanjung memberikan laporan ke Bawaslu, tentang adanya rekening dana kampanye paslon atas nama tim kampanye. Tak tanggung-tanggung, LSM ini melaporkan kedua paslon cagub cawagub  dan KPU Sumbar kepada Ba­waslu Sumbar. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Desember 2015 - 03:07:14 WIB
    MK-Fauzi Lapor Bareskrim

    Bawaslu Putuskan Bukan Pelanggaran

    PADANG, HALUAN — Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-Fauzi) tidak menerima hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar yang telah meme­nangkan pasangan Irwan Prayitno dan Nasru.
  • Jumat, 18 Desember 2015 - 03:30:33 WIB
    Soal Dugaan Ijazah Palsu NA

    Bawaslu Diminta Teruskan ke KPU dan Polisi

    Bawaslu Diminta Teruskan ke KPU dan Polisi Kendati Pilgub Sumbar sudah selesai dilaksanakan sejak 9 Desember 2015 lalu, tak serta merta membuat pendukung calon, baik yang unggul maupun belum unggul bersantai-santai. Pihak-pihak terkait menemukan indikasi kejanggalan i.
  • Kamis, 17 Desember 2015 - 04:05:41 WIB

    MK-Fauzi Laporkan IP-NA ke Bawaslu

    PADANG, HALUAN — Enam hari pascapilkada serentak Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil nomor urut 1 Muslim Ka­sim-Fauzi Bahar (MK-Fau­zi) mendatangi Badan Pe­nga­was Pemilu (Bawaslu) Sumbar, karena mene­mu­kan se.
  • Rabu, 09 Desember 2015 - 03:23:50 WIB

    Tim Relawan IPNA Dilaporkan ke Bawaslu

    PADANG, HALUAN — Sehari jelang pemilihan kepala daerah, 9 Desember 2015, tim relawan Irwan Pra­yitno(IP)-Nasrul Abit(NA) Syaiful dilaporkan seorang warga ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar..
  • Senin, 21 September 2015 - 18:50:51 WIB

    KPU dan Bawaslu Harus Melek Medsos

    BAWASLU JANGAN LELET SIAPKAN ATURAN

    PADANG, HALUAN — Pengamat politik me­nilai kehadiran media sosial (medsos) perlu dilirik dan menjadi perhatian bagi Komisi Pemiliha.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]