Lokasi Gempa di Zona Megathrust


Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:49:15 WIB

Ketua Ikatan Ahli Geo­logi Indonesia (IAGI) Sum­bar, Ade Edward menga­takan, gempa ini merupakan gempa subduksi yang berada di seputaran zona seismic gap Siberut, yang mem­ben­tang di sekitar Siberut hingga Kepu­lauan Batu Nias Su­matera Utara (Sumut). Se­perti dike­tahui, zona mega­thrust Siberut ini dipercaya masih menyimpan energi gempa kuat antara 8 hingga 9 SR.

Ade Edward menduga, pelepasan energi megathrust Siberut ini akan terjadi secara berkala dengan pelepasan energi yang cenderung meningkat, mulai dari magnitudo 3, 4, 5 hingga nantinya mengeluarkan energi terbesarnya.

“Kita tidak bisa memastikan kapan pastinya energi megathrust itu akan ke luar, karena belum ada tek­nologi yang bisa memprediksi secara pasti kapan gempa akan terjadi. Kita tunggu saja,” ujar Ade Edward.

Ade Edward melanjutkan, seharusnya Sumbar bisa me­ngambil pelajaran dari gemp­­a­bumi dan tsunami Aceh, yang belakangan diketahui bahwa ‘pre shock’sudah tercatat dua tahun sebelum kejadian itu. Namun sayangnya, tidak ada yang menya­dari akan hal itu, sehingga tidak ada mitigasi sebelum gempa dan tsunami di Aceh.

Sementara itu, Pakar Gempa Badrul Mustafa menambahkan, yang harus dilakukan warga Sumbar saat ini adalah terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman gempa megathrust Siberut.

“Mitigasi fisik dan non fisik sangat penting untuk terus dila­kukan. Saat ini, pra bencana porsinya harus lebih besar,” tutur Badrul Mustafa. (h/wan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]