John Kennedy Aziz: Hak Paten Gerakkan Sektor Perekonomian


Rabu, 07 Oktober 2015 - 19:39:40 WIB

Karena itu politisi Gol­kar itu berharap Indonesia terus mengembangkan hak paten, mengingat sudah men­jadi indikator, peringkat kemajuan suatu negara di dunia. Sekaligus untuk me­lindungi hak karya intelek­tual masyarakat dan mence­gah masyarakat lain untuk mengambil keuntungan se­cara ilegal.

“Jadi, DPR ber­ko­mit­men akan pentingnya hak paten ini untuk ke­pen­tingan masyarakat, bangsa, dan ne­gara. Insya Allah se­kitar April – Mei 2016 akan di­sahkan,” ujarnya.

Dia menyadari kalau ke­cilnya hak paten di Indo­nesia ini akibat kesadaran dan pemahaman masyarakat sangat rendah, pemerintah belum memberikan kemu­dahan untuk memperoleh hak paten, dan prosesnya bisa selama 48 bulan.

“Itulah yang mendorong lemahnya penadfataran hak paten. Selain itu tidak ada timbal-balik atau reward bagi inv­entor. Sementara pemegang paten sudah dibebani biaya pemeliharaan dan per­lin­dungan,” kata John Ken­nedy.

“Dalam revisi ini me­miliki beberapa kelebihan antara lain berpihak kepada inventor termasuk PNS (pe­gawai negeri sipil) dan UK­M, memberi kemudahan pada masyarakat untuk me­mohonkan hak paten secara online, mendukung pem­bagian keuntungan (benefit) yang adil,” kata Razilu.

Selain itu  ada pe­nola­kan terhadap perpanjangan hak paten meski sudah me­lewati kontrak misalnya 20 tahun (obat-obatan), dan setelah itu obat itu masih bisa dimanfaatkan, maka tidak boleh lagi diper­pan­jang.

Telisa Falianti berharap dengan UU Paten ini jangan sampai terjadi monopoli perusahaan-perusahaan besar dan mengorbankan UKM, karena pemegang hak paten mendapat keuntungan besar dalam perekonomian nasional.

Mengingat 90 % UKM itu mampu menyerap tenaga kerja nasional. “Jadi, jangan juga fee, sistim pembayaran pendaftaran juga menjadi kendala bagi UKM untuk mendaftarkan hak paten­nya,” tegas Telisa. (h/sam)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 03 September 2020 - 20:07:30 WIB

    Dwayne 'The Rock' Johnson Sekeluarga Terinfeksi Covid-19

    Dwayne 'The Rock' Johnson Sekeluarga Terinfeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Aktor sekaligus pegulat profesional, Dwayne Johnson, mengaku telah terinfeksi virus corona (Covid-19). Namun, bintang yang tenar dengan nama ring “The Rock” itu kini telah sembuh dari virus asal China t.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:54:16 WIB

    Sembuh dari Corona, PM Inggris Boris Johnson Lakukan Ini

    Sembuh dari Corona, PM Inggris Boris Johnson Lakukan Ini LONDON, HARIANHALUAN.COM -- Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan kembali bekerja pada hari Senin, setelah pulih dari kasus virus corona yang menyebabkannya menjalani perawatan intensif selama tiga malam pada awal April..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 18:53:05 WIB

    PM Inggris Boris Johnson Positif Terinfeksi Virus Corona

    PM Inggris Boris Johnson Positif Terinfeksi Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan diri positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Melalui akun Twitternya, ia menuturkan dalam keadaan stabil dan hanya mengalami gejala ringan Covid.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]