Disdik Turunkan Tim Telusuri Dugaan Pungli di SD 12


Rabu, 07 Oktober 2015 - 19:48:54 WIB

Warga Olo, Kelurahan Teluk Kabung Tengah itu menyayangkan tindakan pi­hak sekolah karena selain tidak memberikan kwitansi pembayaran kepada anaknya dan tidak memberitahu orang­tua murid sebelum melakukan pungutan.

Menurut Amin, tin­da­kan itu tidak wajar karena apabila pihak sekolah me­minta pungutan ke siswa, harus melalui persetujuan wali murid. Dalam kasus ini, jangankan persetujuan wali murid, pemberitahuan ke­pada wali murid saja tidak ada dari pihak sekolah.

“Sekarang saya belum mempermasalahkannya. Sa­ya anggap uang itu perke­nalan anak saya dengan seko­lah barunya. Akan tetapi, kalau nanti ada lagi pu­ngutan dari pihak sekolah, saya akan men­datangi se­kolah untuk me­minta kwi­tansi pembayaran dan mem­pertayakan langusng kepada pihak sekolah untuk apa uang itu dipungut,” tutur­nya saat dihubungi Haluan, Se­lasa (6/10).

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPRD Padang, Wah­yu Iramana Putra yang di­min­tai komentar saat dihu­bungi Haluan mengatakan, hal seperti itu termasuk Pung­li. Menurutnya, pihak sekolah tidak boleh me­lakukan Pungli atas dasar apapun.

“Hati-hati melakukan pungutan, kecuali kalau uang itu adalah sumbangan dari walimurid atau sudah mendapat persetujuan oleh walimurid,” tegasnya saat dihubungi terpisah.

Ia meminta Kepala Dis­dik Padang memanggil kepa­la sekolah bersangkutan untuk menjelaskan perbu­atannya terhadap siswa.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Padang, Ha­bibul Fuadi mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim ke SD 12 untuk me­nelusuri informasi tersebut. Pihaknya akan memberikan sanksi kepada kepala se­kolah bersangkutan jika informasi itu benar adanya. Saat ditanya sanksi apa yang akan diberikan, ia men­jawab, sanksinya akan dipu­tuskan setelah klarifikasi.

“Saya catat informasi aneh ini. Ini harus ditelusuri, sebab tidak boleh ada Pungli karena sekarang pendidikan sudah gratis. Kalau ada sumbangan dari walimurid boleh, asalkan tidak ada ikatan apa-apa,” jelasnya.(h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 10:13:30 WIB

    Disdik Padang Kucurkan Rp1,4 Miliar Bangun SDN 17

    PADANG, HALUAN—Pembangunan SDN 17 Kayu Aro yang sempat terbakar September tahun 2016, Dinas Pendidikan Kota Padang kucurkan dana kurang lebih 1,4 Milyar, untuk pembangunan kembali sekolah yang beralamat di Kecamatan Bungus .
  • Kamis, 03 November 2016 - 00:32:43 WIB
    SDN 49 BATANG KABUNG HAMPIR AMBRUK

    Disdik: Perbaikan Dianggarkan 2017

    PADANG, HALUAN—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang telah menganggarkan biaya renovasi SDN 49 Ganting Batang Ka­bung Koto Tangah. Hanya saja hal tersebut belum dapat terealisasi karena anggaran pada tahun 2016 sangat ter.
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 04:54:19 WIB

    Disdikbud Hidupkan Permainan Tradisional Minang

    Disdikbud Hidupkan Permainan Tradisional Minang PADANG, HALUAN—Untuk menyamakan persepsi dan konsep kebudayaan di Dinas Pendidikan serta pelaku sejarah di Minangkabau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sumbar mengadakan Rapat Kerja (Rakor) dengan sejarawan dan .
  • Kamis, 16 Juni 2016 - 16:38:27 WIB

    Disdik Sumbar akan Bentuk Cabang Perwakilan di 13 Daerah

    Disdik Sumbar akan Bentuk Cabang Perwakilan di 13 Daerah PADANG, HALUAN-- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar akan membentuk cabang keterwakilannya di 13 kabupaten kota, hal ini berkaitan dengan pengalihan kewenangan SMA ke provinsi..
  • Senin, 09 Mei 2016 - 11:06:00 WIB

    Disdik Izinkan Perpisahan di Luar Sekolah

    PADANG, HALUAN -- Pemerintah Kota Padang mengizinkan perpisahan diadakan di luar sekolah. Dengan beberapa catatan yang disepakati antara pihak sekolah dan wali murid. Seperti biaya tidak boleh mahal dan tidak boleh di hotel..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]