Apatisme Politik Ancam Suksesi Pilkada Serentak


Rabu, 07 Oktober 2015 - 19:50:47 WIB

“Tidak seperti biasanya, tak banyak spanduk maupun baliho para calon yang terpa­sang di jalan-jalan utama dan pemukiman penduduk,” ujar Roni, war­ga Su­ngai Andok Padang Pan­jang.

Ketua KPU Kota Padang Pan­­jang, Jafri Edi Putra men­­jawab Haluan kemarin me­­nyebutkan, minimnya alat peraga kampanye paslon ke­pala daerah saat ini, anta­ra lain terkendala aturan. Di­katakan, untuk Alat Pera­ga Kampanye (APK ), ma­sing-masing kota hanya dise­dia­kan sebanyak tiga buah ba­liho, 10 buah umbul-um­bul di tiap kecamatan dan 10 buah span­duk di tiap kelura­han.

Di Kabupaten Pessel, masyarakat juga dibuat bi­ngung tentang Pilkada. Mes­kipun pelaksanaannya sudah diambang pintu, namun sebagian besar masya­ra­kat tidak menge­ta­hui ten­tang sosok bakal calon yang akan menjadi pemimpin mereka lima tahun ke depan. Kondisi ini, juga disinyalir akibat kurangnya sosialisi dan tidak banyaknya media kampanye pasangan calon kepala daerah yang beredar.

“Masyarakat ba­nyak yang tidak tahu bahwa akan dilaksanakan Pilkada pada 9 Desember 2015. Bahkan ada juga masyarakat yang apatis saja menghadapi Pilkada serentak tahun ini,” tandas Arisman, warga Salido Kecamatan IV Jurai Pessel.

Hal senada juga diung­kapkan Marlis, warga Taru­san Pessel. Dia meni­lai da­lam menghadapi Pilkada seharusnya dibutuhkan so­sia­lisasai yang intens kepada masyarakat, terkait bakal calon kepala daerah. Baik melalui media cetak, media luar ruang, maupun media elektronik.

“Kondisi ini bukan tidak mungkin akan menurunkan tingkat partisipasi masya­rakat dalam pemilihan. Bisa saja menurun hingga 50 persen,” pungkas Marlis.

Sejumlah masyarakat na­gari di Pessel yang dite­mui Haluan, mengaku be­lum mengetahui sosok bakal ca­lon kepala daerah yang akan maju pada pilkada men­datang. Baik untuk ting­kat Kabupaten Pessel, mau­pun tingkat Provinsi Sum­bar.

Sementara di Solok Se­latan, jajaran kepolisian setempat mengaku telah siap dalam menghadapi helat Pilkada serentak 9 Desem­ber mendatang. Hal itu dika­ta­kan Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil mela­lui Kabag Ops Kompol. Benu Alam saat ditemui Haluan diruang kerjanya, pada Rabu (7/10).

“Pada  6 Desember nan­ti, kami akan menggelar apel pasukan untuk memas­tikan kesiapan pasukan meng­­hadapi tahapan pilka­da,” ujarnya.

Sebagian masyarakat Sol­­sel yang ditemui Haluan sepanjang Rabu (7/10) ke­marin, juga mengaku tak tahu menahu soal Pilkada serentak 2015. Kurangnya sosialisasi dari pihak terkait, serta minimnya alat peraga masing-masing pasangan calon, membuat masyarakat tidak mengetahui siapa-siapa yang akan maju, baik di tingkat lokal, maupun provinsi.

“Biasa-biasa saja. Tak ada yang terlalu menarik dari persiapan menghadapi Pilkada serentak tahun ini. Nggak rame,” ujar Theresa, salah seorang warga KPGD Solsel. (h/one/mjn/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]