Dua Kasus Berimplikasi Pidana


Rabu, 07 Oktober 2015 - 19:56:25 WIB

Dua kasus berimplikasi pidana, kata Rini, yaitu dugaan kasus pencemaran nama baik di salah satu media sosial. “Kami sudah panggil pelapor untuk melakukan klarifikasi pada Kamis pukul 15.00 WIB (kemarin) untuk dimintai klarifikasinya,” sebut Rini.

Laporan pidana pemilu berupa dugaan pencemaran nama baik ini bersifat individu bukan dari pasangan calon. Pihak Panwaslu akan melakukan pemeriksaan apakah yang dilaporkan itu tim kampanye resmi pasangan calon atau tidak.

Satu kasus lagi, dugaan pemalsuan dokumen yang dilaporkan oleh salah satu LSM yang berdomisili di Kabupaten Pasaman. “Kami belum bisa membeberkan ke publik mengenai laporan ini, karena laporan ini belum diregister oleh sekretaris Panwaslu. Lagi pula kasus ini sudah luka lama muncul kembali. Meski demikian, kami tetap akan menindaklanjuti dan meminta keterangan dari pihak-pihak terkait,” ungkap Rini.

Sementara itu, kasus lain adalah temuan oleh Panwaslu Kabupaten Pasaman tentang alat peraga kampanye yang diletakkan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Misal saja, alat peraga kampanye yang dibuat oleh KPU dipasang menggunakan tali plastik, dipajang di tempat milik pemerintahan, sekolah yang ditemukan pada tiga kecamatan, temuan alat peraga kampanye yang dibuat oleh pasangan calon dan temuan mengenai Data Pemilih Sementara (DPS).

“Pada umumnya, temuan tentang alat peraga kampanye dan DPS sudah tuntas, tinggal laporan tim kuasa hukum Paslon 1 tentang alat peraga kampanye Paslon 2, kasus pencemaran nama baik dan dokumen palsu,” pungkasnya.

Rini Juwita menyebutkan, sejak tahapan kampanye dimulai, Panwaslu Pasaman sudah menerima dan menemukan 15 kasus dan pengaduan. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2020 - 09:11:50 WIB

    Mengedarkan Shabu, Dua Warga Sipangkur Dharmasraya Ditangkap Polisi

    Mengedarkan Shabu, Dua Warga Sipangkur Dharmasraya Ditangkap Polisi HARIANHALUAN.COM - Jajaran Satresnarkoba Kepolisian Resor Dharmasraya, Sumatera Barat, berhasil menangkap dua warga Jorong Lagan Jaya 1 Kenagarian Sipangkur Kecamatan Tiumang, Selasa (22/09) dinihari, sekira pukul 00.15 WIB. .
  • Ahad, 20 September 2020 - 15:45:30 WIB

    Pessel Catat Dua Kasus Baru Positif Covid-19 Hari Ini

    Pessel Catat Dua Kasus Baru Positif Covid-19 Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Update data covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (20/9), pasien terkonfirmasi  covid-19 bertambah sebanyak 2 orang yaitu, perempuan (21), laki-laki (29), kedua pasien sebelumnya suspek dengan geja.
  • Kamis, 17 September 2020 - 23:18:11 WIB

    Dua Wanita Lansia Dapat Bantuan Kursi Roda dari Pemkab Pessel

    Dua Wanita Lansia Dapat Bantuan Kursi Roda dari Pemkab Pessel HARIANHALUAN.COM - Nurhayati (65), warga Koto Panjang, Nagari Taluk Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, setelah 12 tahun lumpuh, akhirnya menerima bantuan kursi roda dari Bupati Pesisir Selatan did.
  • Rabu, 16 September 2020 - 16:37:14 WIB

    Wajib Pakai Masker di Luar Rumah, Pemkab Solsel Lakukan Sosialisasi Dua Pekan

    Wajib Pakai Masker di Luar Rumah, Pemkab Solsel Lakukan Sosialisasi Dua Pekan HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) melalui Satpol PP bersama TNI-Polri menyosialisasikan peraturan daerah Provinsi Sumbar tentang adaptasi kehidupan baru kepada masyarakat di Pasar Modern Padang Aro, Rabu (1.
  • Rabu, 16 September 2020 - 16:20:30 WIB

    Lagi, Dua Warga Pessel Positif Covid-19

    Lagi, Dua Warga Pessel Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM -  Hari ini, Rabu (16/9), terjadi penambahan 2 orang pasien terkonfirmasi positif covid-19, di Kabupaten Pesisir Selatan. Ke 2 orang tersebut perempuan 68 th, pensiunan ASN, warga Batang Kecamatan Batang Kap.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]