BIM Ditutup, Garuda Balik ke Jakarta


Rabu, 07 Oktober 2015 - 20:00:58 WIB

Namun karena kondisi makin tak memungkinkan serta ketersediaan fuel makin terbatas, maka keputusan kembali ke Jakarta adalah solusi terbaik mengingat bandara di sekitar Sumbar ada yang sudah ditutup karena kabut asap, seperti Pekan­baru atau Jambi,”kata Station And Service Manajer Garuda di BIM, Hermanto saat dihubungi Haluan, tadi malam.

Dijelaskannya, pesawat kem­bali diterbangkan dari Jakarta dan mendarat dengan selamat sekitar pukul 21.00 WIB malam hari. Tak lama, penumpang yang dijad­walkan berangkat pukul 16.40 WIB dapat diterbangkan kembali ke Jakarta. “Alhamdulillah, se­mua berjalan baik,”katanya.

Sementara itu, District Mana­ger Sriwijaya Air di Padang, Yudi mengakui kabut asap semakin berdampak buruk terhadap pe­ner­bangan. Pesawat Sriwijaya Air bahkan terpaksa ditunda satu hingga dua jam lebih demi kesela­matan para penumpang pesawat. “Demi keselamatan penumpang terpaksa ada penundaan paling lama sekitar dua jam karena kabut asap yang membuat jarak pandang terhalang,” ungkapnya.

Dikatakannya, selain ada pe­nun­daan penerbangan, penum­pang pesawat dengan tujuan Pe­kan­baru atau Jambi dari Jakarta harus landing ke Bandara Inter­nasional Minangkabau (BIM) karena tidak bisa landas di daerah yang parah kabut asapnya. Akibat­nya, penerbangan Sriwijaya terja­di pelonjakan penumpang.

“Karena kabut asap ini, kita mengalami pelonjakan pe­num­pang sekitar 40 persen karena ada penumpang tujuang beberapa daerah harus singgah dulu ke BIM kemudian barulah mereka meng­gunakan kendaraan darat karena tidak memungkinkan untuk terbang,” terangnya lagi.

Soal adanya penambahan jam terbang akibat kabut asap ini, Yudo menerangkan belum ada. Karena, penumpang hingga saat ini masih bisa dikuasai dan pe­num­pang masih bisa menggu­nakan penerbangan lainnya. “Saat ini belum ada ekstra flight, na­mun dalam waktu dekat akan kita tambah,” tuturnya.

Kualitas Udara Buruk

Terkait dengan kualitas udara makin memburuk dengan ISPU (Indek Standar Pencemaran Uda­ra) dengan konsentrasi PM10 su­dah melewati ambang batas se­dang, yakni 323 ug/m3 pihak Pi­hak Dinas Kesehatan Kota Pa­dang mengakui jumlah pen­de­rita ISPA  di daerah ini meningkat hingga sekitar 1.000 orang.

“Secara kasat mata saja sudah bisa dilihat, udara saat ini sudah tak sehat. Karenanya, semua masyarakat kami himbau untuk menggunakan masker. Jika terus-terusan terpapar tanpa menggu­nakan pelindung, kabut asap ini akan membahayakan sekali untuk kita semua,” ucapnya Kepala Dinas Kesehatan, Kota Padang, Eka Lusti, pada Haluan, Rabu(7/10).

Diliburkan

Makin pekatnya asap yang menyelimuti kawasan Sumbar, termasuk Solok Selatan ber­dampak juga kepada pendidikan. Pemerintah setempat mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah dari tingkat PAUD sam­pai SMA mulai Jumat hingga Sabtu pekan ini.  “Hasil kese­pakatan dengan DPRD Solsel beserta tokoh mas­yarakat memu­tuskan untuk meliburkan sekolah Jumat dan Sabtu lalu aktif lagi Senin pekan depan,” kata Pj Bupati Solsel Erizal,(7/10).

Ketua Komisi I DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas membenarkan jika akan meli­bur­kan sekolah selama dua hari terkait bencana asap yang melan­da Solsel. “Kasihan mereka menghirup udara yang tak sehat,” ujar Ali Sabri. (h/mat/mg-len/mg-win/mg-jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:05:41 WIB

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menutup sementara jalur penerbangan Internasional sebagai upaya pencegahan Covid-19..
  • Senin, 16 Maret 2020 - 15:12:04 WIB

    Cegah Corona Masuk Sumbar, Thermo Morgan Dipasang di BIM

    Cegah Corona Masuk Sumbar, Thermo Morgan Dipasang di BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengimbau masyarakat jangan panik atau resah terhadap penyebaran virus corona atau (Covid-19), hadapi dengan pola hidup bersih, cuci tangan dengan sabun setelah s.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 13:20:19 WIB

    Hey Rival..! GrabCar Airport Sudah Mengaspal Di BIM

    Hey Rival..! GrabCar Airport Sudah Mengaspal Di BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Grab Padang transportasi online Kota Padang melakukan silaturahmi dengan Wali Kota Padang H. Mahyeldi dikediaman resminya..
  • Sabtu, 18 Maret 2017 - 02:38:15 WIB

    Pembangunan Jalur Dua Purus-BIM Masih Menggantung

    PADANG, HALUAN – Pembangunan jalur dua Pantai Padang hingga Bandara Internasional Minangkabau (BIM) masih terkendala lahan Pange­ran Beach Hotel. Soal tersangkutnya pembebasan lahan di Hotel Pangeran,Kepala Dinas Perumahan.
  • Senin, 19 September 2016 - 03:33:19 WIB

    Kloter 1 Embarkasi Padang Mendarat di BIM

    Kloter 1 Embarkasi Padang Mendarat di BIM PADANG, HALUAN — Rombongan per­tama Kloter 1 sebanyak 455 jamaah haji dari Embarkasi Padang, mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabu­paten Padang Pariaman, Minggu (18/9) sekitar pukul 07.58 WIB. Jamaah ha.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]