Penderita ISPA Berkurang 294 Orang


Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:37:32 WIB

Kepala Badan Ling­ku­ngan Hidup (BLH) Kota Pariaman, Definal kepada Haluan, Kamis (8/10) me­nyebut, ada tiga level tentang ISPU, yakni katagori baik 1-50ug/m3, kategori sedang 51-150 Ug/m3 dan tidak sehat 151-350Ug/m3. Jadi kalau posisi udara pada ISPU 217Ug/m3, sudah termasuk ke dalam level tidak sehat.

“Status kabut asap di Ko­ta Pariaman sudah me­­­ma­suki level tidak se­hat. Ber­dasarkan indeks standar pencemaran udara (ISPU), pada pukul 10.00 WIB, Kamis (8/10), ting­kat pen­cemaran berada pada posisi 217 Ug/m3,” terang Definal.

Dinas Kesehatan Kota Pariaman sepanjang Kamis kemarin, tampak membagi-bagikan masker kepada ma­syarakat. Masker sebanyak 10 ribu lembar itu, disebar di tiga titik, yakni depan Kantor Balaikota, Simpang Tabuik dan Simpang Jati. “Selain droping masker ke masyarakat di lokasi terbu­ka, juga pembagian masker dilakukan via puskesmas,” jelas Sekretaris DKK Paria­man, Bakhtiar.

Sementara dari pan­tau­an Haluan di poros jalan lintas Sumatera sepanjang Kamis (8/10) pukul 08.00 WIB, kabut asap di Sijunjung telah mengakibatkan jarang pan­dang kurang dari 100 meter.

Vera Siswati, warga Ke­na­garian Padang Sibusuk Ke­ca­matan Kupitan Sijun­jung menjawab Haluan ke­ma­rin mengatakan, kabut asap sepanjang Kamis kema­rin, merupakan kabut paling tebal dibanding hari-hari sebelumnya. “Ini sudah yang paling tebal. Jarak pandang kurang dari 100 meter saja,” ujar Vera.

“Jelas kita sangat kha­watir. Apalagi kabut asap tebal ini selalu kita hirup setiap hari. Kasihan anak-anak,” akunya lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung dr. Edwin Su­prayogi M.Kes menghimbau kepada seluruh warga Sijun­jung yang mengalami gejala sesak pernafasan atau gejala keracunan akibat dampak kabut asap, untuk segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. “Kita juga imbau warga untuk selalu gunakan masker saat di luar rumah,” imbaunya. (h/tri/ogi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 14:39:26 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Biayai Pengobatan Seorang Warga Penderita Kanker

    Pemkab Padang Pariaman Biayai Pengobatan Seorang Warga Penderita Kanker HARIANHALUAN.COM - Mendengar informasi dari masyarakat terkait Juni Arita (35), penderita tumor ganas dari Korong Pauah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan Kecamatan Padang Sago yang sempat viral di media sosial minggu ini, Ali .
  • Jumat, 10 April 2020 - 21:38:36 WIB

    Dikunjungi Gubernur Sumbar dan Bupati Pessel, Ini Testimoni Wely Penderita Covid-19 yang Sembuh

    Dikunjungi Gubernur Sumbar dan Bupati Pessel, Ini Testimoni Wely Penderita Covid-19 yang Sembuh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengunjungi Wely, panggilan  akrab Aswiliarti (45th), pasien sembuh Covid 19 di Nagari Jinang Kampung Pansur Kecamatan K.
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 17:13:25 WIB

    Sering Mengamuk, Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Polisi

    Sering Mengamuk, Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Polisi SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Polsek Sijunjung melalui anggota Bhabinkamtibmas Brigadir Polisi Andri Syam mengamankan salah seorang warga yang diduga mengalami gangguan jiwa yakni Nasrul alias NAI (65) yang telah meresahkan.
  • Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:26:42 WIB

    Penderita HIV/AIDS di Payakumbuh Meningkat

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Masyarakat Kota Payakumbuh perlu mewaspadai penyakit HIV/AIDS, karena masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia..
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 03:14:08 WIB

    Bupati bantu Qari Nasional Penderita Tumor

    Bupati bantu Qari Nasional Penderita Tumor DHARMASRAYA, HALU­AN — Sudah beberapa bu­lan, Qari Sumatera Barat yang mewakili Sumbar ke MTQ Nasional di Bengkulu itu mendeita sakit di bagian paha sebelah kiri. Pahanya mem­bengkak dan lama ke­lamaan tidak berfungsi. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]