Hujan Tak Pudarkan Kabut Asap di Padang


Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:42:44 WIB

Menurut dia hingga saat ini sumber api yang berada di Sumatera Selatan dan Jambi belum padam sehingga jika hujan turun asap hanya hilang sebentar kemudian muncul kembali.

“Apalagi saat ini angin berembus dari selatan ke tenggara menyebabkan asap terbawa oleh angin ke Sumbar,” lanjut dia.

Sementara Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sicincin Rizki mengatakan berdasarkan hasil pengamatan Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang indeks standar pencemar udara berdasarkan konsentrasi PM 10 pada pukul 08.00 WIB mencapai 66 mikrogram per meter kubik atau masuk kategori sedang.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Rosnini Savitri mengimbau masyarakat menggunakan penutup hidung dan mulut berupa masker disposable (masker kesehatan sekali pakai) agar terhindar dari gangguan pernapasan akibat kabut asap .

“Warga sebaiknya menggunakan masker disposable berwarna hijau-putih yang biasa dijual di apotek. Masker ini sudah dilengkapi dengan kawat yang dapat mele­katkan ke hidung dan penyaring debu,” kata dia.

Ia mengatakan penggunaan masker disposable lebih disarankan dibanding jenis lainnya karena terdiri dari tiga lapisan yang dapat meminimalkan terhirupnya molekul debu.

Salah seorang warga Padang Doni berharap peme­rintah serius menangani pembakaran lahan dan hutan agar kabut asap dapat segera hilang.

“Sudah dua bulan Padang dilanda kabut asap sampai sekarang belum juga hilang, pemerintah harus mengerahkan semua kemampuan dan menangkap pembakar lahan dengan sanksi yang berat,” kata dia. (h/mg-adl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:03:50 WIB

    Diguyur Hujan 3 Jam, Puluhan Rumah Warga di Padang Terendam Banjir

    Diguyur Hujan 3 Jam, Puluhan Rumah Warga di Padang Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Curah hujan tinggi sejak malam hari mengakibatkan banjir di Kota Padang. Tak hanya jalanan, rumah warga pun ikut terendam banjir. Selain curah hujan tinggi, banjir juga disebabkan ada parit yang tersumbat..
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 06:02:17 WIB

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras mengguyur Kota Padang, Provinsi Sumbar pada dini hari Sabtu (9/5/2020). Hujan juga disertai angin kencang. Hal tersebut membuat sebagian warga waspada. Terutama daerah rawan banjir kala.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:03:48 WIB

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diguyur hujan beserta angin kencang dalam 2 (dua) hari terakhir, 10 (sepuluh) pohon tumbang di beberapa wilayah Kota Padang. Sembilan diantaranya menghambat akses jalan, sedangkan 1 (satu) pohon me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.2.
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:51:50 WIB

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau memperkirakan Kota Padang akan diguyur hujan sampai akhir Januari 2019. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stas.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]