Kesadaran Perusahaan Laksanakan CSR Sudah Bagus


Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:44:55 WIB

Acara yang digelar oleh Bapedalda kali ini bertajuk “Sosialisasi Pemahaman Pelaksanaan CSR Bidang Lingkungan oleh Bapedalda Kota Padang” diisi oleh empat orang narasumber, diantaranya Edi Hasymi selaku Kepala Bapedalda Kota Padang, Asdi Agustar, Guru Besar Universitas Andalas, Iskandar, pihak perwakilan PT. Semen Pa­dang dan utusan dari Bape­dalda Sumbar.

Edi Hasymi dalam sam­butannya mengatakan, dam­pak program CSR bagi masyarakat, khususnya bagi perusahaan yang ada di Kota Padang sangatlah besar. Baik itu bantuan dalam materi ataupun dukungan secara finansial.

“Secara tidak langsung program CSR telah banyak membantu kehidupan ma­syarakat, sebagai contoh jika satu perusahaan menyum­bang 1.000 tempat sampah, maka bisa menambah tem­pat sampah bagi masyarakat Kota Padang yang dise­bar­kan ke 11 Kecamatan di Kota ini,” terangnya.

Edi Hasymi menam­bah­kan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menginga­tkan lagi bahwa program CSR ini bagian tanggung jawab perusahaan dan tan­g­gung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

“Tahun 2015 sudah ada 23 perusahaan di Padang yang ikut andil dalam prog­ram CSR, secara rinci me­ningkat dari tahun 2014 di mana hanya berjumlah 21, artinya kesadaran pe­rusahaan akan tanggung jawab sosial itu mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Pada tahun 2013, hanya tiga perusahaan yang ikut dalam program CSR, Edi mengakui pihaknya tidak mengetahui alasan pastinya kenapa hanya sedikit peru­sahaan yang ikut dalam prog­ram CSR.

“Pada tahun berikutnya kita maksimalkan lagi jum­lah perusahaan yang ikut dalam program CSR, karena pada tahun 2013 hanya tiga perusahaan yang ambil an­dil, kemungkinan ada alasan tertentu bagi perusahaan pada waktu itu sehingga hanya sedikit perusahaan yang ikut bagian,” kata Edi.

Ia berharap, dengan dige­larnya acara sosialisasi ini dapat meningkatkan animo dan kesadaran perusahaan dalam program sosial ma­syarakat ini.

“Tidak ada sanksi bagi perusahaan yang tidak ikut dalam program CSR, ini lebih kepada kesadaran pe­ru­sahaan sendiri, sebab seka­lipun diberi sanksi tidak akan efektif bagi peru­saha­an,” pungkasnya.(h/mg-adl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 13:43:03 WIB

    PSBB Diperpanjang, DPRD Padang Minta Kesadaran Warga

    PSBB Diperpanjang, DPRD Padang Minta Kesadaran Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang minta Pemko Padang, memaksimalkan penegakkan peraturan melaksanakan perpanjangan masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kali ini. .
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 01:29:11 WIB
    PENULIS MUDA PEROLEH PENGHARGAAN

    Kesadaran Membaca Masih Rendah

    Kesadaran Membaca Masih Rendah PADANG, HALUAN — Sebanyak 20 orang penulis yang telah menyerahkan karyanya untuk diterbitkan di Perpustakaan Daerah Sumatra Barat (Sumbar), meraih penghargaan dari Pem­prov) Sumbar melalui Badan Perpustakaan dan Kearsipan.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:25:49 WIB
    SAMPAH MELUBER KE BADAN JALAN

    Kesadaran Warga Masih Kurang

    Kesadaran Warga Masih Kurang PADANG, HALUAN — Ke­sadaran ma­syarakat Kota Pa­dang akan kebersihan, ternyata masih jauh dari harapan. Pa­sal­nya, di beberapa titik di Kota Padang masih ditemukan sampah menumpuk di luar kontainer, bahkan sampai melu.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:46:56 WIB

    Kesadaran Masyarakat Masih Kurang

    PADANG, HALUAN — Kesadaran ma­syarakat Kota Padang akan kebersihan, ternyata masih jauh dari harapan. Pasal­nya, di beberapa titik di Kota Padang masih ditemukan sampah menumpuk hingga ber­serakan. Bahkan sampah ditumpuk.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 04:19:10 WIB
    Sampah Menumpuk di ATB

    Kesadaran Warga Diharapkan

    Kesadaran Warga Diharapkan Padang, HALUAN — Warga Air Tawar Barat (ATB) sangat mengharapkan per­hatian terhadap tumpukan sampah yang ada pada Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]