ISPA di Padang Tidak Termasuk Akut


Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:54:28 WIB

Alasan lain Eka Lusti menyebutkan bahwa ISPA di Padang tidak termasuk akut, karena akut berarti datang tiba-tiba. Sementara di Pa­dang tidak demikian. Me­nurutnya, kalau ISPA yang tergolong akut adalah se­perti yang terjadi di Riau dan Jambi, karena jumlah pen­derita ISPA di sana tiba-tiba membludak sejak mun­cul­nya kabut asap. Se­men­tara di Padang, jumlah penderita ISPA tidak signifikan akibat dampak kabut asap.

Eka Lusti menjelaskan, hal itu terlihat dari angka kasus ISPA di Padang. Data terakhir Dinas Kesehatan Kota Padang pada Sep­tem­ber, kasus ISPA di Pa­dang sebanyak 8,835 ka­sus. Sep­tember adalah bulan per­tama kabut asap muncul pada tahun ini. Sementara pada Agustus, kasus ISPA di Padang berjumlah 6,571 kasus. Memang terjadi pe­ningkatan pada per­ban­di­ngan dua bulan tersebut. Akan tetapi, pada bulan Juli, ada 7,642 kasus dan pada Juni, ada 8,066 kasus. Jadi, Eka Lusti ber­ke­sim­pulan, kasus ISPA di Padang sudah muncul se­belum ka­but asap mun­cul. Memang data dari Januari hingga September, angka kasus ISPA tertingga adalah pada September, namun pe­ningkatannya ti­dak sig­nif­i­kan diban­ding­kan angka kasus pada bulan-bulan sebelumnya.

“ISPA adalah penyakit yang selalu ada setiap bulan dengan persentase berkisar antara 3-6 persen dari semua kunjungan sakit di Pus­kes­mas,” tuturnya di Balai Kota Padang, Kamis (8/10).

Untuk Kota Padang, kata Eka, meski pihaknya belum mengumpulkan penderita ISPA di Padang berdasarkan kategori usia, namun ia dapat mengatakan bahwa penderita ISPA terbanyak adalah orang dewasa, se­dangkan anak-anak sekitar 10 persen.

Ia menambahkan, ke­lompok yang rentan terkena ISPA adalah anak-anak, lan­sia, ibu hamil dan orang yang sudah menderita penyakit pernapasan. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 10:17:46 WIB

    Pandemi Covid-19, Disparbud Fokus Tertibkan Pedagang di Pantai Padang

    Pandemi Covid-19, Disparbud Fokus Tertibkan Pedagang di Pantai Padang HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan saat ini belum melakukan tindakan terhadap keberadaan hotel dan restoran yang tidak mematuhi penerapan protokol kesehatan Covid-19. Padahal masa tatanan kehidupan baru di Kot.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 06:09:59 WIB

    Libur Lebaran, Disparbud Instruksikan Satpol PP Jaga Pengunjung di Pantai Padang

    Libur Lebaran, Disparbud Instruksikan Satpol PP Jaga Pengunjung di Pantai Padang HARIANHALUAN.COM -- Selama libur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk berjaga objek wisata, salah satunya di.
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 16:54:34 WIB

    Setelah Batuk Waspadai ISPA

    Setelah Batuk Waspadai ISPA PADANG, HALUAN— Penyakit awal ramadan lebih banyak flu dan batuk, untuk minggu ke dua dan seterusnya akan dinominasi oleh ISPA. Dinas Kesehatan Kota Padang menghimbau masyarakat untuk hati-hati mengkonsumsi menu makanan sel.
  • Senin, 16 Mei 2016 - 17:04:45 WIB

    Penyakit ISPA Dominasi Warga Pauh

    PADANG, HALUAN – Penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) mendominasi penyakit yang diderita masyarakat yang bermukim di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Kepala Puskesmas Pauh drg Helda, Seni.
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 15:10:47 WIB

    Disparekraf Sumbar Gelar Workshop dan Lomba Film Animasi

    PADANG, HALUAN — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) akan menggelar workshop dan lomba film animasi. Diharapkan melalui lomba ini akan menghasilkan animator handal dari Sumbar..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]