Disambut Demo di Bukittinggi


Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:56:45 WIB

Solusinya, beberapa per­wa­kilan pe­ngunjukrasa dibawa ke Kantor DPRD Bukittinggi, untuk berdiskusi dengan anggota dewan. Dalam diskusi tersebut, per­wakilan pengunjukrasa juga mem­­­pertanyakan tindakan pre­ven­tif yang dilakukan pemerintah terkait permasalahan kabut asap.

Setelah berdiskusi panjang lebar, Wakil Ketua DPRD Bukit­tinggi Yontrimansyah menga­takan, DPRD Bukittinggi akan menampung segala aspirasi pe­ngun­jukrasa dan akan menin­daklanjutinya. Bahkan untuk meyakinkan pengunjukrasa, Yon­tri­mansyah juga bersedia untuk me­­nemui pengunjukrasa yang ber­aksi di kawasan Belakang Balok.

Ada tiga tuntutan yang disam­paikan pengunjukrasa ini, dian­taranya menuntut kepada peme­rintah dan DPRD Bukit­tinggi untuk mendesak peme­rintah pusat segera menyelesaikan ben­ca­na kabut asap yang melanda Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel dan Kalimantan.

Selain itu, pengunjukrasa juga menuntut pemerintah menang­kap dan mengadili korporasi jahat pembakaran hu­tan, serta menun­tut kom­pensasi kepada korban asap. Menurut Koordinator Lapa­ngan, Ivan Haykel, pemerintah selama ini tidak tegas terhadap korporasi pembakar hutan, yang menyebabkan bencana kabut asap selalu terjadi dan terus berulang tanpa henti.

“Harus ada sanski tegas, jika perlu korporasi pembakar hutan itu dituntut secara pidana, agar mereka kapok dan tidak lagi membakar hutan dan lahan,” ujar Ivan Haykel.

Ivan juga sangat menya­yang­kan gerakan pemerintah yang ter­kesan lamban menangani perma­salahan kabut asap, sehingga memunculkan banyak korban akibat dampak dari kabut asap tersebut. (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 16:24:22 WIB

    Ingin Audiensi dengan DPRD Sumbar, Wali Murid Disambut Pejabat Struktural

    Ingin Audiensi dengan DPRD Sumbar, Wali Murid Disambut Pejabat Struktural HARIANHALUAN.COM - Kedatangan puluhan wali murid yang ingin beraudiensi ke Gedung DPRD Sumbar terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang merasa dirugikan pada beberapa pihak mengenai aturan pemberlakuan zonasi disambut.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 23:13:23 WIB

    MTQ Sumbar ke-38, Kedatangan Kafilah Agam Disambut Langsung Wako Solok

    MTQ Sumbar ke-38, Kedatangan Kafilah Agam Disambut Langsung Wako Solok SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Kafilah Kabupaten Agam telah sampai di Kota Solok untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XXXVIII tingkat Sumatera Barat, Jum’at (14/6). Kafilah yang didampingi Asisten Ekbang .
  • Senin, 17 September 2018 - 17:03:15 WIB
    Semarak Muharam Kabupaten Agam

    Nagari Madani Semakin Disambut Masyarakat

    Nagari Madani Semakin Disambut Masyarakat AGAM, HALUAN- Tahun baru Islam  1 Muharam 1440 Hijriyah di Kabupaten Agam berlangsung semarak, hal ini seiring semangat dalam mendorong keberagamaan sesuai dengan program Agam Madani.  Seluruh kecamatan  menggelar kegiatan.
  • Kamis, 20 April 2017 - 14:12:54 WIB

    Pembatasan Kewenangan Mendagri Disambut Baik

    PADANG, HALUAN – Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Datuak Intan Bano menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan kewenangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mencabut peraturan daerah (Perda) yang ada di dae.
  • Senin, 25 Juli 2016 - 04:37:50 WIB

    Kedatangan Piala Adipura Kirana Disambut Meriah

    Kedatangan Piala Adipura Kirana Disambut Meriah BUKITTINGGI, HALUAN — Kedatangan piala Adipura Kirana di Bukittinggi disambut meriah warga kota. Masyarakat tumpah ruah di jalan melihat melihat arak-arakan piala Adipura, Sabtu (23/7)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]