Siapkan SDM Handal Dunia Kerja


Jumat, 09 Oktober 2015 - 17:05:46 WIB
Siapkan SDM Handal Dunia Kerja

“Dari permasalahan ter­sebut saya memandang perlu adanya peningkatan ke­mam­puan bagi angkatan kerja khususnya untuk di Kota Padang dan di Sumatera Barat,” ucapnya.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

Irvan Kudus melalui PLK Prima Data hadir un­tuk menjawab tantangan ter­sebut. Lembaga kursus yang berdiri sejak tahun 1997 dan beralamat Jalan Paus No­mor 2 Ulak Karang Padang ini telah menamatkan pe­serta didiknya hingga 1.500 orang.

Saat ini, lembaga ini dipercaya Kementrian Te­naga Kerja dalam mengelola bantuan program pelatihan untuk masyarakat dari tahun 2010-2015 ini dalam materi pembelajaran video shooting dan editing film serta desain grafis.

Baca Juga : Yah.., Beginilah Prostitusi Online di Kota Pekanbaru

Kemudian oleh Ke­men­terian Pendidikan dan Ke­budaya­an RI dipercaya un­tuk menyelenggarakan pro­gram pendidikan kecakapan hidup (PKH) yang me­ru­pakan bantuan pelatihan untuk masyarakat miskin dan keluarga kurang mampu dari tahun 2010-sekarang.

Lembaga kursus yang pernah meraih juara III Lomba Kursus se-Sumatera Barat dan Juara I Instruktur TIK se-Kota Padang tahun 2014 ini, memberikan pe­la­tihan dalam bidang aplikasi perkantoran, desain grafis, teknisi komputer, video sho­o­ting dan editing film yang alumninya sudah tersebar dimana-mana dan ber­wirausaha.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

Disamping sudah me­miliki akreditasi B, lembaga ini juga membuka program khusus bidang kesehatan tahun 2015 ini. Sebagai pro­gram baru, kursus yang di­buka selama satu tahun ini me­nawarkan jurusan pro­gram asisten para medis, asisten perawatan keluarga dan baby sitter. Tentunya, dengan di­bukanya program ini, LPK Prima Data ber­harap bisa menambah ke­te­rampilan pen­cari kerja dan mengurangi angka pengangguran.

“Adapun tujuan dari ma­sing-masing program ini ada­lah peserta dapat bekerja di rumah sakit, la­bo­ra­tori­um klinik, polilklinik, apo­tek, pengasuh bayi di rumah-rumah pribadi serta bekreja di panti jompo,” terang Irvan.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

Disamping adanya pro­gram baru, LPK Prima Data juga memiliki program ung­gulan  lainnya. Seperti, Pro­gram Manajemen Infor­ma­tika Komputer dan Sekre­taris. Kemudian, program  reguler  lainnya seperti Ba­hasa Inggris, dan bimbingan belajar ( SD-SMP-SMA).

“Program Manajemen Informatika Komputer dan Sekretaris  ini merupakan pogram-program unggulan dengan jaminan penempatan kerja. 10 peserta terbaik akan ditempatkan langsung di Sumatera Barat dan Pekan­baru sesuai dengan program yang diambil,” ulasnya.

Tujuan LPK Prima Data ini sendiri didirikan me­nurut Irvan, adalah mem­bantu meningkatkan kua­litas sum­ber daya manusia di dalam memberikan per­tolongan pertama pada kece­la­kaan, korban gawat da­ru­rat dan korban bencana alam.

Hal ini sekaitan dengan program khusus bidang ke­se­hatan yang dibuka. Ke­mudian, membantu pe­me­rintah dalam upaya mengu­rangi angka pengangguran serta meningkatkan kualitas SDM yang terpaksa drop out dari institusi pendidikan serta jobless (tidak mem­punyai pekerjaan/menganggur).

“Angka pengangguran  disebabkan tingkat kom­petensi pencari kerja yang rendah  dan tidak ter­sedianya lapangan pekerjaan oleh pemerintah. Yang terjadi pada pencari kerja adalah kurang siap ilmu dan ke­terampilan yang dimiliki, sehingga kompetensi untuk bekerja tidak sesuai dengan permintaan yang ada.  Ko­mpetensi ini harus mac­hing dengan dunia kerja. Karena itu kami mencoba mengsin­kron­kan pen­didikan dan pelatihan tenaga kerja de­ngan kompetensi yang di­butuhkan,” ujarnya.

Tawaran Menarik

Setiap Program pada masing-masing jurusan LPK Prima Data akan merekrut siswa dua orang untuk be­lajar gratis selama  satu tahun.  Direncanakan di tahun  2016 ini,  LKP Prima Data akan merekrut 10 siswa  kurang mampu  untuk  be­lajar  selama satu tahun dan siap untuk ditempatkan.

Adapun syarat untuk me­n­jadi siswa CSR Prima Data, pertama adalah dari keluarga kurang mampu, memiliki minat belajar dan lulus tes psikologi. Bagi yang berminat dengan program ini silahkan datang ke LPK Pri­ma Data Jalan Paus No­mor 2 Ulak Karang Padang. Bisa menghubungi nomor telepon 0751-41663 atau contact person an Irvan (081363747467).

Untuk pembiayaan pem­­belajaran, LPK ini mem­­­berikan diskon khusus hingga 30 persen dan mem­berikan akses wifi secara gratis. Fasilitas yang di­butuh­kan juga tersedia, se­hingga tidak menyulitkan peserta. ***

 

Laporan:
OSNIWATI

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]