Jalan Alternatif Payobasung-Andaleh Rusak


Jumat, 09 Oktober 2015 - 18:47:19 WIB

Lagipula jalan tersebut, termasuk jalur alternatif dengan prosentase arus la­lulintas kendaraan yang melintas langsung dari Tan­jung Pati-Andaleh, cukup ramai lewat Payobasuang. Warga Limapuluh Kota dari Andaleh, Mungo dan se­kitarnya memanfaatkan ja­lan tersebut untuk pergi ke Pasar ternak Payakumbuh, di Payobasuang.

“Bila jalan tersebut di­per­baiki Pemkab Lima­pu­luh Kota, warga Andaleh dan sekitarnya baik pemilik ternak yang akan ke pasar ternak, maupun angkutan pupuk petani dan hasil pa­nen sawah mereka yang berada disepanjang jalan tersebut, akan cepat sampai ke tempat tujuan,” ujar Ab­dul Aziz pemuka masya­rakat Andaleh kepada Ha­luan, kemarin.

Dikatakan, kerusakan sebagian jalan alternatif itu sudah berlangsung lama dengan kondisi aspal terke­lupas dan meninggalkan kerekel yang berserakan. Kalau jalan itu dibiarkan dengan kondisi yang seperti itu, dikhawatirkan dimusim penghujan nanti kerusakan jalan bertambah parah.

Pasalnya, dasar jalan yang sudah keluar kerekel­nya itu, juga berpasir, diper­kirakan akan menimbulkan lumpur kalau ditimpa air hujan. Sehingga lalulintas di jalan itu akan terkendala, akhirnya hubungan, Tanjung Pati-Payobasuang-sampai ke pusat pemerintahan An­daleh akan terkendala, ujar­nya.

Pantauan Haluan ke lo­kasi jalan rusak, Kamis ke­marin melihat, sebagian aspal jalan sudah hilang dan tinggal tanah dan kerekel. Di jalan ini terdapat sekitar sejumlah titik kerusakan yang terjadi. Sebagian lubang jalan hampir menyebar di­badan jalan. Sehingga aspa­l jalan pada titik ini sudah tidak terlihat, hanya kerekel dan tanah.

Sejumlah warga me­nga­takan, meski sebagian besar badan jalan berlobang, na­mun hal ini cukup mem­prihatinkan. Pasalnya, ruas jalan ini sempit dan sering dilalui kendaraan roda dua dan empat. Pengendara sepe­da motor perlu hati hati kalau tak mau jatuh akibat terpeleset masuk lobang jalan. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]