PKL di Kawasan Pasar Baru Boleh Berdagang di Trotoar


Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:07:03 WIB

Kepala Dinas Pasar Kota Padang melalui Kabid K3 Deny Harzandy saat di lo­kasi penertiban mengatakan, PKL tersebut sebelumnya sudah diatur untuk diper­bolehkan berjualan di atas trotoar mulai dari Simpang Kandang arah ke Pasar Ra­ya. Namun, sudah beberapa hari ini pedagang tersebut malah turun ke jalan dan memenuhi badan jalan un­tuk berjualan. Akibatnya, selain tidak tertib, pengguna jalan jadi terganggu.

“Penertiban ini memang terus dan rutin kita lakukan di beberapa titik supaya pasar ini tetap tertata dan rapi seperti yang kita ingin­kan bersama meski terus menghadapi pedagang ban­del,” ujarnya.

Dikatakannya, meski da­lam penertiban tidak ada perlawanan, namun pe­da­gang tersebut susah untuk diatur dan dikembalikan ke trotoar lagi untuk berjualan. “Mau tidak mau mereka harus mengikuti aturan ma­in­nya,” tegas Deny.

Soal diperbolehkannya berjualan di atas trotoar Deny menjelaskan cuma bagiannya saja. “Tidak se­mua trotoar kita perbo­leh­kan, khusus dekat Pasar Baru tersebut trotoarnya sudah tidak berfungsi karena faktor lokasi yang meng­hukum,” tambahnya.

Setelah penertiban di Pasar Baru dilakukan, pe­tugas terus melakukan pe­ner­tiban, mulai dari Bun­daran Air Mancur sampai ke ujung Jalan Permindo.

Petugas kembali meng­ingatkan dan membongkar lapak PKL jika masih ada yang berjualan tidak sesuai dengan aturan. Seperti meng­gantung pakaian atau barang dagangan lebih dari satu meter dari trotoar, meng­geser meja PKL jika lewat terhadap garis pembatas serta aturan lainnya.

Lebih lanjut Deny, me­nga­takan, PKL yang nakal dan bandel langsung ditin­dak dengan membawa ba­rang-barangnya yang dirasa mengganggu dan menyalahi aturan. “Segala usaha terus kita upayakan demi terta­tanya pasar yang bersih, rapi dan tertib,” tutupnya. (h/mg-win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]