Pengusaha Keluhkan Urus Izin Lama


Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:07:38 WIB

Yusni Elma, Pengurus Asosiasi Pengusaha Indo­nesia (Apindo) Wilayah Sumbar, dalam Sosialisasi Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit yang digelar Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Padang, sejak Senin (5/10) hingga Jumat (9/10), mengatakan, kerap kali rekan sesama pengusaha mengalami ke­sulitan saat mengurus surat izin usaha perdagangan (SI­UP). Padahal, segala persya­ratan yang dibutuhkan telah dipenuhi.

“Anggota kami ada yang sudah menunggu hingga dua bulan, tapi SIUP-nya tak kunjung terbit. Padahal se­mua persyaratan sudah di­penuhi, kesannya sengaja diperlama dan dibikin ru­mit. Hal-hal seperti ini yang membuat pengusaha men­jadi enggan mengurus segala bentuk perizinan, padahal masalahnya terletak pada pelayanan yang tidak dija­lankan sesuai dengan stan­dar operasional yang ber­laku,” kata Yusni.

Ia mengira, mungkin saja keterlambatan terbitnya su­rat perizinan di BPMP2T disebabkan oleh oknum-oknum di tingkat teknis pelaksanaan yang seolah sengaja memperlambat. Na­mun, ia berharap hal-hal seperti ini harus menjadi perhatian bagi BPMP2T agar pengusaha tidak merasa dirugikan secara waktu, mo­ril ataupun materil.

Menanggapi pengaduan tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan BPM­P2T Ludi Anwar mene­gas­kan, pasti ada kekeliruan yang terjadi jika pengurusan perizinan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Kare­na saat ini, BPMP2T telah menerapkan sistem one day service untuk pengurusan SIUP, Surat Izin Gangguan dan Tanda Daftar Peru­saha­an (TDP).

“Jika berkas yang diaju­kan sudah memenuhi segala persyaratan, diantar pagi hari ke BPMP2T, besok pa­ginya bisa sudah kami terbit­k­an surat permohonannya. Jika diantar sore, besok sorenya kami terbitkan. Me­mang betul-betul kami upa­yakan pelayanan dalam se­hari.

Sedangkan untuk kasus berbulan-bulan seperti yang dikeluhkan tersebut, tentu perlu kami cek lagi ke teknis pelayanan, untuk melihat di mana kendalanya. Seha­rusnya tidak selama itu mes­kipun ada berkas persya­ratan yang kurang,” jelas Ludi.

Saat ini, lanjutnya, BP­MP2T rata-rata mener­bit­kan kurang lebih 100 per­mohonan yang diajukan pe­ngusaha, didominasi oleh permohonan Surat Izin Gang­guan, SIUP dan TDP. Bahkan ke depan, jika sis­tem online yang tengah di­ran­cang telah bisa digu­nakan, pengusaha tak perlu lagi mendatangi BPMP2T untuk mengajukan permo­honan, melainkan cukup dengan mengupload segala persyaratannya secara on­line.

“Tentunya segala ma­cam pengaduan yang kami te­rima, termasuk dalam per­temuan ini, akan menjadi bahan pertimbangan untuk semakin meningkatkan pe­layanan. Termasuk soal me­nerbitkan surat izin bagi perusahaan,” tutup Ludi. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 April 2020 - 16:59:59 WIB

    Anggota Dewan di Padang Minta Pengusaha Ikut Bantu Warga Tak Mampu

    Anggota Dewan di Padang Minta Pengusaha Ikut Bantu Warga Tak Mampu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dampak sosial ekonomi wabah Covid-19 sangat dirasakan masyarakat. Apatah lagi, bantuan bagi warga terdampak Covid-19 dari pemerintah sangat terbatas. Untuk itu, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Pad.
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 13:18:57 WIB

    Butuh 300 Lagi, Dishub Berharap Pengusaha Bantu Bangun Halte

    Butuh 300 Lagi, Dishub Berharap Pengusaha Bantu Bangun Halte PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Saat ini Dinas Perhubungan Kota Padang terus melakukan berbagai upaya dalam mempercepat pembangunan halte Bus Trans Padang. Bahkan jumlah yang kini ada dinilai masih kurang untuk seluruh koridor ya.
  • Ahad, 10 September 2017 - 20:40:50 WIB
    Weno Aulia Durin

    Pengusaha Butuh Kenyamanan Berusaha

    Pengusaha Butuh Kenyamanan Berusaha PADANG, HALUAN - Investasi sebuah keharusan bagi Kota Padang untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Ujung-ujungnya pembukaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat..
  • Selasa, 29 November 2016 - 01:24:50 WIB
    GUBERNUR BUKA MUSPROV VI KADIN SUMBAR

    Pengusaha-Pemerintah Saling Tergantung

    Pengusaha-Pemerintah Saling Tergantung PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Senin (28/11) membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) ke VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar di Pangeran Beach Hotel, Padang. Hadir dalam kesempatan itu Wakil K.
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:22:13 WIB
    PEMKO BUKA FGD

    Wadah Diskusi Calon Pengusaha

    PADANG, HALUAN — Ka­bar gembira buat anak muda Kota Padang yang ingin belajar atau merintis hidup untuk men­jadi pengusaha. Pemerintah Kota Padang membuka Focus Group Discussion (FGD), Rabu (19/10) kemarin..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]