Paslon Diimbau Segara Serahkan Surat Pengunduran Diri


Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:08:40 WIB

“Kedua kandidat tersebut telah mengajukan pengunduran diri dan pemberitahuan maju dalam Pilkada Solsel 2015,” kata Hamudis saat dihubungi Haluan, Jumat (9/10).

Sementara, Khairunas mengatakan bahwa surat pengunduran diri sebagai Ketua DPRD telah diberikan kepada Sekwan DPRD Solsel. Begitu juga, pasangannya Edi Susanto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Solsel.

“Saat ini kami tengah menunggu SK dari tingkat provinsi yang ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar),” kata Khairunas.

Kemudian, kandidat cakada Solsel pasangan Muzni Zakaria yang maju sebagai petahana dalam pilkada serentak nanti yang juga seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak 2011, secara resmi telah berhenti dari jabatan sebagai Bupati Solsel sejak 20 Agustus.

“Beliau (Muzni Zakaria) telah resmi berhenti dari jabatan Bupati sejak 20 Agustus 2015 dan digantikan oleh Pejabat Bupati Solsel, Erizal,” kata tim pemenangannya, Josra Wirman.

Komisioner Teknsi KPU Solsel, Nila Puspita mengatakan untuk syarat pendaftaran anggota DPRD yang maju sebagi calon kepala daerah (Cakada) memang wajib mengajukan surat pe­ngunduran diri. Ketika mendaftar, mereka cukup melampirkan surat tanda terima pengajuan pe­ngunduran diri sebagai anggota DPRD Solsel dari lembaganya tersebut yang di tanda tangani oleh Sekwan.

Terpisah, Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar Muftie Syarfie mengingatkan tentang konsekuensi pembatalan sebagai calon jika terlambat dalam penyerahan berkas pengunduran diri tersebut.

“Penyerahan surat pengunduran diri tersebut diserahkan 60 hari setelah penetapan, waktu penetapan kan tanggal 24 tapi kami meminta paslon menyerahkan lebih awal yakni tanggal 23 Oktober,” ungkapnya, Jumat (9/10).

Menurutnya, kabupaten kota masih banyak yang belum menyerahkan surat pengunduran ini.  Khusus untuk yang mencalon di tingkat provinsi mantan Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit, Mufti me­ngakatan yang bersangkutan sudah menyerahkan syarat tersebut beberapa waktu lalu.

“Kami juga sudah meminta data dari kabupaten kota, siapa saja yang sudah selesai menyerahkan surat pengunduran diri tersebut,” ulasnya.

Ketika sudah diserahkan data tersebut, KPU akan memasukkan dalam aplikasi PAW, sehingga dengan gampang mengakses jika nanti membutuhkan data PAW. Aplikasi ini juga akan memudahkan jika nanti dibutuhkan data-data terkait PAW.

Sebanyak lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar  sendiri yakni, Yulfadri Nurdin, Sultani, Trinda Farhan Satria, Zulkenedi Said, dan Syahiran masih terkendala dengan surat keputusan pemberhentian dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang belum keluar. Jadi, surat pengunduran diri masih belum bisa diserahkan ke KPU. (h/mg-rin/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Desember 2015 - 03:07:49 WIB
    Sengketa Pilkada di Sumbar

    3 Paslon ke Mahkamah Konstitusi

    Tiga pasangan calon (Paslon) pada tiga daerah di Sumbar mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Akibat masuknya gugatan paslon ke MK ini, bisa menyebabkan tahapan penetapan paslon terpilih diundur hingga proses sengke.
  • Selasa, 24 November 2015 - 19:15:12 WIB

    Hadiri Kampanye, ASN Dilarang Gunakan Kostum Paslon

    PADANG, HALUAN — Meskipun direstui menghadiri gelaran kampanye Pilkada, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemko Padang dilarang menggunakan kostum salah satu pasangan calon (Paslon) dan memakai sarana dinas.

  • Rabu, 30 September 2015 - 20:40:47 WIB

    Paslon Diminta Secepatnya Laporkan Daerah Kampanye

    KPU SIAP SOSIALISASI DI DAERAH BELUM TERSENTUH CALON

    PADANG, HALUAN —Ko­or­dinator Divisi Pe­ren­cana­an Program dan Teknis Pe­milu Komisi Pemilihan Um­um (KPU) Sumbar Mu.

  • Jumat, 25 September 2015 - 19:00:29 WIB

    Timses Paslon Kampanye di Medsos

    PADANG, HALUAN —Mes­kipun kampanye untuk pa­sangan calon (Paslon) kepala daerah dibatasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun banyak cara bagi tim pemenangan untuk so­sia­li­sasi dan meraih sim­.

  • Rabu, 19 Agustus 2015 - 19:57:50 WIB

    KPU Izinkan Paslon Gunakan Rp15 Miliar untuk Kampanye

    PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyediakan 630.642 flyer per pasangan calon gubernur (Paslon) gubernur. Jumlah ini diambil dari 40 persen jumlah KK se-Sumbar. Kemu­.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]