Pemerintah Akan Beli Pesawat Waterbombing


Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:11:20 WIB

Sedangkan anggarannya, masih akan dibahas dengan DPR. Sementara terkait penanganan kabut asap, Joko Widodo menargetkan dapat diatasi dalam waktu dua pekan. “Kalau bisa kurang dari dua minggu,” harapnya.

Presiden juga mengatakan bahwa bantuan dari beberapa negara akan dipusatkan untuk memadamkan keba­karan lahan dan hutan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

“Dikonsentrasikan di Sumsel dulu karena memang dari ‘cheking’ kita, titik api terbanyak itu memang masih di Sumsel,” kata Presiden saat meninjau Posko Kesehatan Pengobatan Gratis Bagi Korban Bencana Kabut Asap di Puskes­mas Kuok, Desa Lereng, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

Presiden mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa negara sanggup memberi bantuan, yakni Singapura, Malaysia, Korea, Rusia, Australia, China. “Tapi yang datang hari ini baru dari Singapura. Mungkin Minggu akan mulai berdatangan,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan bantuan asing ini berupa pesawat-pesawat yang bisa membawa air untuk “waterbombing” di atas 10 ton.

“Karena itu kita harus tahu, senab ini berhadapan dengan hutan gambut. Di atasnya juga nggak ada api, dibawahnya masih membara,” katanya.

Presiden juga mengungkapkan lama­nya pena­nganan bencana kabut asap ini karena keluasan (lahan yang terbakar) lebih besar dan panas El Nino yang lebih kering. (h/inl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 19:17:36 WIB

    DPD RI Desak Pemerintah untuk Lengkapi APD Tenaga Medis

    DPD RI Desak Pemerintah untuk Lengkapi APD Tenaga Medis PADANG, HARIANHALUAN.COM – Banyaknya korban meninggal akibat pandemi Covid-19 dari kalangan medis membuat prihatin anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH. Keprihatinan itu disampaikannya dalam Rapat.
  • Kamis, 14 November 2019 - 17:00:24 WIB

    Ketua DPP PAN Lulung Sebut Pemerintah Lebay, Ada Apa?

    Ketua DPP PAN Lulung Sebut Pemerintah Lebay, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Abraham Lunggana alias Lulung menilai pemerintahan Jokowi terlalu berlebihan memantau akun media sosial para calon pegawai negeri sipil (CPNS.
  • Senin, 11 November 2019 - 00:13:49 WIB

    Bisa Rugikan Pemerintah, Jokowi Diminta Tindak Nasdem

    Bisa Rugikan Pemerintah, Jokowi Diminta Tindak Nasdem JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Manuver politik dan pernyataan-pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengundang kontroversi. Bahkan Nasdem dianggap akan menjadi 'anak nakal' dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Wid.
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 21:04:59 WIB

    Ayo Kita Catat! Puan: DPR Bukan 'Tukang Stempel' Kebijakan Pemerintahan Jokowi

    Ayo Kita Catat!  Puan: DPR Bukan 'Tukang Stempel'  Kebijakan Pemerintahan Jokowi JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Ada statemen yang patut dicatat dari Ketua DPR  yang baru dilantik.  Puan Maharani menegaskan DPR  bukan lembaga "tukang stempel" terhadap semua kebijakan pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin. .
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:20:22 WIB
    PEMILU 2019

    Pemerintah Berupaya Terapkan E-voting

    Pemerintah Berupaya Terapkan E-voting JAKARTA, HALUAN — Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri Soedarmo mengatakan pemerintah sedang mengupayakan penerapan sistem pemungutan suara elektronik atau e-voting pada Pemilu 2019..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM