Pemerintah Akan Beli Pesawat Waterbombing


Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:11:20 WIB

Sedangkan anggarannya, masih akan dibahas dengan DPR. Sementara terkait penanganan kabut asap, Joko Widodo menargetkan dapat diatasi dalam waktu dua pekan. “Kalau bisa kurang dari dua minggu,” harapnya.

Presiden juga mengatakan bahwa bantuan dari beberapa negara akan dipusatkan untuk memadamkan keba­karan lahan dan hutan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

“Dikonsentrasikan di Sumsel dulu karena memang dari ‘cheking’ kita, titik api terbanyak itu memang masih di Sumsel,” kata Presiden saat meninjau Posko Kesehatan Pengobatan Gratis Bagi Korban Bencana Kabut Asap di Puskes­mas Kuok, Desa Lereng, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau.

Presiden mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa negara sanggup memberi bantuan, yakni Singapura, Malaysia, Korea, Rusia, Australia, China. “Tapi yang datang hari ini baru dari Singapura. Mungkin Minggu akan mulai berdatangan,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan bantuan asing ini berupa pesawat-pesawat yang bisa membawa air untuk “waterbombing” di atas 10 ton.

“Karena itu kita harus tahu, senab ini berhadapan dengan hutan gambut. Di atasnya juga nggak ada api, dibawahnya masih membara,” katanya.

Presiden juga mengungkapkan lama­nya pena­nganan bencana kabut asap ini karena keluasan (lahan yang terbakar) lebih besar dan panas El Nino yang lebih kering. (h/inl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]