Padi GR Jadi Bibit Unggul Varietas Lokal


Ahad, 11 Oktober 2015 - 18:38:30 WIB

Keltan Guguak Pauh sebut Jamhur, menanam varietas gadang rumpun ini diatas lahan seluas 4 hektare, dengan bantuan benih dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Sawahlunto. Selain dibantu benih, juga diberikan pendam­pingan mulai dari masa tanam hingga masa panen.

“Kendati masih menggunakan teknik pengo­lahan tanah sederhana diatas lahan tadah hujan, dan sempat juga terserang hama, namun hasil panen yang didapat cukup menggembirakan, hingga 290 bulir padi pertangkainya.

Kabid Pertanian, Tanaman pangan dan Holti­kultura Dinas Pertanidan dan Khutanan Kota Sawahlunto Heni Purwaningsih menjelasakan, saat ini pemko tengah berupaya mengembangkan benih padi unggul berlabel dalam melaksanakan program optimasi lahan pertanian. Langkah tersebut merupakan solusi dari sulitnya petani dalam mendapatkan bibit yang berkualitas.

“Untuk benih gadang rumpun ini, ditemukan oleh petani lokal kota ini, yakni Syafei. Akhirnya disepakati menjadi bibit unggul pengganti pada kegiatan optimasi lahan,” terangnya.

Ia menambahkan, terhadap varietas ini pihaknya telah melakukan beberapa tahap uji coba. Dimana tahap awal pada 2013 lalu, didapat rasa nasi yang enak dan gurih, yang disukai oleh masyarakat. Sementara tahap selanjutnya dari beberapa lokasi uji tanam termasuk di Kubang Tangah ini, hasilnya cukup baik. Dimana produk­sinya lebih tinggi dari varietas lainnya.

Walikota Sawahlunto yang langsung turun mela­kukan panen perdana di Keltan Guguak Pauh Kubang, mengaku sangat bengga dengan hasil panen yang didapat oleh masyarakat. Ke depannya, varietas ini akan dikembangkan di seluruh wilayah pertanian yang ada dikota ini. selain itu, varietas ini juga telah didaftarkan ke Pusat Perlindungan Tanaman (PPT) di Jakarta sebagai bibit unggul varietas lokal. (h/mg-rki)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 September 2019 - 16:50:13 WIB

    Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Tanah Datar Galakkan Jarwo 21

    Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Tanah Datar Galakkan Jarwo 21 TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Guna meningkatkan populasi tanaman dan produksi hasil padi sawah, berbagai upaya dan teknologi terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Salah satunya pola tanam Jajar Legowo (Jar.
  • Kamis, 15 Agustus 2019 - 21:38:10 WIB

    PLN Sumbar Bantu Pengusaha Gilingan Padi di Singkarak

    PLN Sumbar Bantu  Pengusaha Gilingan Padi  di Singkarak SOLOK, HARIANHALUAN.COM- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat melalui Unit Layanan Pelanggan (ULP) Singkarak menawarkan program unggulan berupa Biaya Penyambungan Listrik cicilan 0% hingga 6 bulan serta pengguna.
  • Senin, 10 Juni 2019 - 17:39:53 WIB

    Petani Sawahlunto Optimistis Target Tanam Padi Tercapai

    Petani Sawahlunto Optimistis Target Tanam Padi Tercapai SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tingginya curah hujan semenjak awal hingga pertengahan 2019 ini, diharapkan bisa tercapai target tanam padi seluas 3.758 hektare di Sawahlunto. Sebagai perbandingannya, awal 2019 target tanam me.
  • Selasa, 14 Maret 2017 - 07:55:48 WIB

    SE Percepatan Tanaman Padi Bisa Picu Bentrok

    SE Percepatan Tanaman Padi Bisa Picu Bentrok PADANG, HALUAN-Anggota DPRD Sumbar, Armiati meminta Surat Edaran (SE) gubernur tentang percepatan tanaman padi dicabut kembali oleh pemerintah daerah..
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 00:53:35 WIB

    Padi Bujang Marantau Tembus 10,4 Ton

    Padi Bujang Marantau Tembus 10,4 Ton TANAH DATAR, HALUAN — Petani di Jorong Lantai Batu, Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum menggelar panen perdana padi benih unggul bujang marantau, bersama Dinas Pertanian dan Kodim 0307 Tanah Datar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM