Warga Protes Kesepakatan Perdagangan Bebas Eropa-AS


Ahad, 11 Oktober 2015 - 18:46:37 WIB

Berdasarkan lansiran dari Reuters, aksi protes dilakukan sebab menurut mereka kesepakatan itu anti-demokrasi dan menurunkan standar keamanan maka­nan, buruh, serta lingkungan.

Namun, menurut pihak aliansi aksi protes tersebut, sesungguhnya ada 250 ribu orang yang menentang kesepakatan itu. Jumlahnya diakui sangat jauh dari prakiraan mereka. “Inilah aksi protes terbesar yang pernah terjadi di negara ini dalam bertahun-tahun,” ucap direktur kelompok gerakan rakyat Campact, Christoph Bautz, di hadapan para pengunjuk rasa.

Menangani rombongan pengunjuk rasa itu, dika­takan sekitar seribu petugas kepolisian dikerahkan untuk bertugas di lokasi unjuk rasa tersebut. Meski demikian, pihak kepolisian mengatakan aksi demo itu tak menciptakan masalah apapun.

Kelompok pengunjuk rasa itu selama ini disebutkan telah mengkritik kesepakatan tersebut, yang ditakutkan akan memberikan terlalu banyak kuasa atas perusahaan-perusahaan multinasional yang terlibat, sehingga memperbesar pengeluaran rakyat.

Selain itu, pihak oposisi juga tak ingin undang-undang terkait konsumen yang sudah ditetapkan jadi melemah ketika dihadapkan kepada perusahaan-perusahaan yang mungkin menjadi semacam diktator akibat kesepakatan itu. Kerasnya penentangan, membuat peme­rinta­han Jerman terkejut dan mulai memperhatikan tantangan yang akan dihadapi atas kesepakatan yang diharapkan menjadi penyeimbang perekonomian Tiongkok yang sempat merajalela.

Di lain sisi, para pengusaha dan federasi in­dustri Jermanberharap kesepakatan perdagangan bebas ini dapat mendukung pertumbuhan perekonomian Eropa, selama kesepakatan dijalankan secara adil. (h/Reuters/DW)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 06:51:50 WIB

    Pengangguran Diberi Tunjangan, Warga Mulai Rajin Belanja

    Pengangguran Diberi Tunjangan, Warga Mulai Rajin Belanja HARIANHALUAN.COM - Belanja konsumen AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juli lalu. Hal ini menguatkan kembali ekspektasi untuk rebound dalam pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga ini meskipun kemungkinan s.
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 17:47:31 WIB

    Menengok Olahan Cokelat Rumahan Khas Ala Warga Padang Tongga

    Menengok Olahan Cokelat Rumahan Khas Ala Warga Padang Tongga HARIANHALUAN.COM - Aroma cokelat yang khas langsung tercium saat menyambangi sebuah rumah yang berada di Jalan Tanjung Alai Padang Tongga, Kecamatan Manggopoh, Kabupaten Agam. Pemilik usaha olahan cokelat rumahan, Evi (43) me.
  • Senin, 06 Juli 2020 - 17:00:11 WIB

    DP Rp7 Juta, Warga Sawahlunto Bisa Miliki Hunian Tipe 36

    DP Rp7 Juta, Warga Sawahlunto Bisa Miliki Hunian Tipe 36 HARIANHALUAN.COM - Puluhan konsumen perumahan Alam Asri Kolok di kawasan Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, mendapatkan ‘angin segar’, seiring dengan kembali digarapnya areal perumahan bersubsidi yang s.
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 09:46:46 WIB

    Tak Ada Lagi Kapal ke Mentawai, Ayam Potong di Tuapejat Diborong Warga

    Tak Ada Lagi Kapal ke Mentawai, Ayam Potong di Tuapejat Diborong Warga HARIANHALUAN.COM - Menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H masyarakat Mentawai khususnya di pusat Kabupaten Kepulauan Mentawai menyerbu lapak ayam potong membeli hingga habis, Jumat (22/05)..
  • Senin, 04 Mei 2020 - 16:26:21 WIB

    Perumda Tirta Sanjung Buana Siapkan Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

    Perumda Tirta Sanjung Buana Siapkan Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19 SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadi perhatian bagi seluruh kalangan masyarakat. Hal itu pula yang menggerakkan para relawan baik dari lembaga pemerintah maupun instansi swasta u.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]