Jokowi Harapkan Jalur KA Duku–BIM Siap 2016


Ahad, 11 Oktober 2015 - 18:57:55 WIB

Kemudian Presiden Jokowi bersama rombongan melihat  pembangunan jalur kereta api Duku-Bandar Internasional Minangkabau (BIM).

“Insya Allah, nanti 2016 jalur ini beroperasi. Nanti semua airport di Indonesia dihubungkan ke kota, entah dengan kereta api, trem juga bisa. Tapi di sini kita pakai kereta api,” jelas Jokowi.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam koferensi persnya pada Sabtu (10/10) di BIM me­nga­takan, jalur kereta api Padang yang terkoneksi dengan BIM merupakan jalur yang kedua ada di Indonesia setelah di Ban­dara Kualanamu Medan.

Pembangunan jalur Stasiun Simpang Haru, Kota Padang menuju BIM sebagian besar memanfaatkan jalur lama. Jalur lama ini ditambah jalur baru dari Duku, Kabupaten Padang Paria­man menuju BIM sepanjang 3,9 kilometer, sekaligus pem­bangun­an satu stasiun di BIM.

Kemenhub menargetkan pem­bangunan jalur dan stasiun baru dapat tuntas akhir tahun 2016, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai transpor­tasi alternatif menuju bandara selain angkutan darat lainnya.

“Ya plus minusnya selesai akhir tahun 2016 mendatanglah. Operatornya nanti PT Kereta Api Indonesia. Mereka akan men­ye­dia­kan kereta yang baguslah, seperti di Bandara Kualanamu ke Medan,” ujarnya.

Ia menambahkan, proyek jalur kereta api Kota Padang menuju BIM didanai sepenuhnya melalui APBN dengan besaran mencapai Rp127 milliar. Se­men­tara anggaran pembebasan lahan tanggungan Pemerintah Daerah.

“Harapannya tidak ada ken­dala teknis dalam penyelesaian jalur kereta api Padang-BIM, kalau untuk masalah pembebasan lahan kan tidak banyak, itu pe­me­rintah daerah yang bertugas menyelesaikannya,” paparnya.

Mandeh Potensial

Dalam kunjungannya ke ka­wa­san Mandeh, Pesisir Selatan Presiden Joko Widodo menilai wisata Mandeh bisa men­datang­kan pendapatan yang berlipat-lipat bagi Pemerintah Daerah (Pemda) apabila dikelola dengan baik. Mandeh kata Presisen me­rupakan lokasi wisata keluarga yang potensial.

“Saya hanya berfikiran ka­wasan ini bisa dijadikan kawasan wisata keluarga yang berkaitan dengan bahari. Kalau itu ter­wujud, pasti men­datang­kan in­come berlipat-lipat bagi masya­rakat,” ungkap Presiden Jokowi ketika mengunjungi dan men­canangkan pembangunan ka­wasan Mandeh Sabtu (10/10).

Selain itu Pemerintah Kabu­paten Pesisir Selatan dan Peme­rintah Provinsi Sumbar juga diinstruksikan untuk ber­musya­warah dengan masyarakat dalam pengelolaan kawasan wisata ba­hari Mandeh.

“Saya ingin Pak Bupati dan Pak Gubernur bertanya dulu kepada masyarakat. Musyawarah dulu. Kalau saya. Saya ndak maksa lho ya,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengaku kagum. Ia menilai kawasan Man­deh merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dapat di­opti­mal­kan keberadaannya oleh ma­sya­rakat. Agar Kawasan Mandeh mudah diakses wisatawan, Pre­siden Jokowi juga meminta Men­teri Pekerjaan Umum dan Peru­mahan Rakyat (Kemen Pu Pera) Mohammad Basuki Hadi­mul­jono supaya melakukan penge­rasan jalan ke lokasi tersebut. Pengerjaan pengerasan jalan diharapkan tidak lebih dari dua tahun terhitung sejak dikerjakan tahun 2016 mendatang.

“Saya tadi sudah minta Men­teri PU agar selesaikan jalan ini, jangan sampai lebih 2 tahun,” imbuhnya.

Objek wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, ber­jarak 56 Kilometer dari Kota Padang.  Untuk jalur darat me­nuju Mandeh, Pemerintah Pro­vinsi Sumatera Barat telah mem­buka jalan sepanjang 27 kilometer dari Padang. Selain melalui jalan darat, Mandeh juga dapat di­kunjungi melalui jalur laut, dari Pelabuhan Teluk Bayur, Pela­buhan Bungus, atau Pelabuhan Muaro Kota Padang. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 29 September 2018 - 20:56:58 WIB

    Di Padang, Relawan Jokowi-Ma'ruf Turun ke Jalan

    Di Padang, Relawan Jokowi-Ma'ruf Turun ke Jalan PADANG, HARIANHALUAN. com--Massa pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin penuhi kawasan GOR Agus Salim,  Sabtu (29/9)..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 02:16:53 WIB

    Jokowi Dijadwalkan Jadi Irup HBN

    PADANG, HA­LUAN — Pre­si­den Joko Wi­do­do di­jad­wal­kan menjadi ins­pek­tur upa­cara (Ir­up) Peringatan Hari Bela Ne­gara (HBN) yang di­pu­satkan di lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, 19 Desember 2017 men.
  • Senin, 12 September 2016 - 15:08:07 WIB

    Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional

    Dodi, Tukang Jagal Sapi Kurban Jokowi yang Bersertifikat Pemotongan Halal Nasional PADANG, HALUAN – Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo sudah disembelih sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (12/9) pagi tadi. Sebelum memasuki proses penyembelihan, butuh 13 orang untuk “menumbangkan” sapi seberat 1,2 ton.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:40:28 WIB

    Jokowi ke Sumbar Diharapkan Bawa Dampak Positif

    Jokowi ke Sumbar Diharapkan Bawa Dampak Positif PADANG, HALUAN — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) Sumbar, Hendra Irwan Rahim, mengharapkan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Sumbar kali ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan Sumbar ke depan­ny.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 06:02:47 WIB

    Jokowi Bakal Takbiran dan Salat Ied di Padang

    Jokowi Bakal Takbiran dan Salat Ied di Padang PADANG, HALUAN —Untuk ketiga ka­linya, Presiden Joko Widodo kembali sam­bangi Sumatera Barat (Sumbar). Jokowi akan melaksanakan salat Idul Fitri (Ied) di Masjid Raya Sumbar. Presiden juga di­rencakan untuk melaksanakan t.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]