2 Ladang Ganja Ditemukan di Limapuluh Kota


Ahad, 11 Oktober 2015 - 18:58:32 WIB

Terungkapnya ladang ganja tersebut, berawal dari pengintaian petugas dari Polsek Guguak yang meliputi wilayah hukum Mungka, serta Polres Kabupaten Limapuluh Kota semenjak tiga bulan terakhir ini terhadap salah seorang tersangka. “Pemilik ladang, sudah dalam pengintaian petugas,”ujar Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus  serta  Kapolsek Guguak, Iptu Akno Pilindo pada Minggu (11/10) kemarin.

Awalnya, petugas membekuk ter­sangka IN (34) warga setempat ketika sedang bersantai pada Minggu (11/10) pagi. Tersangka yang bertato tersebut, sudah lama menjadi target petugas. Ketika dibekuk, tersangka masih dalam pengaruh narkoba. Diduga, tersangka yang hanya buruh tani tersebut usai menghisap ganja.

Ketika ditangkap, petugas sempat menggeledah kediaman tersangka. Bahkan, saat didesak petugas, tersangka mengakui  memiliki ladang ganja. Tanpa buang-buang waktu, petugas yang berjumlah belasan orang tersebut langsung membawa tersangka untuk menunjukkan ladang ganja tersebut.

Jarak ladang dengan rumah tersangka tidak terlalu jauh. De­ngan menempuh jalan sejauh 1 kilometer dan  melewati jalan setapak akhirnya petugas serta  tersangka sampai di lokasi ladang ganja yang berada di kaki bukit.

Bagus menjelaskan, tersangka sampai saat ini baru  mengakui hanya memiliki 2 petak ladang ganja.  Masing-masing seluas 20 kali 20 meter dan 12 kali 12 meter dengan usia batang ganja antara 2 hingga 3 bulan. “Ada sekitar 70 batang ganja berumur hingga 3 bulan di dua petak ladang. Di lokasi satu ada 46 batang dan lokasi dua ada 24 batang,”terang Bagus lagi.

Di TKP, petugas turut men­yita alat pertanian yang diduga dimanfaatkan untuk mengolah ladang ganja. Seperti cangkul. Tersangka tak berkutik, ketika giring petugas ke Mapolres Lima­puluh Kota.

”Kasus ini masih kita penye­lidikan. Satu tersangka baru kita tetapkan,”tegas Bagus lagi. Ter­sangka melanggar Pasal 114 KUHP dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotik dengan ancaman penjara di atas lima tahun.

Kasus tersebut, merupakan yang kedua kalinya semenjak 2012 di Kecamatan Mungka. Pada Agustus 2012, petugas Polres Limapuluh Kota berhasil mem­bongkar penanaman  ganja yang diselipkan dengan bibit cabai di Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka.

Setidaknya, 65 batang ganja yang berumur 1 bulan dan di­ta­nam di ladang belakang rumah tersangka berhasil ditemukan. Satu keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan anak akhirnya digiring petugas ke Mapolres Limapuluh Kota. (h/ddg)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]