Mutu Benih Ikan Terus Ditingkatkan


Senin, 12 Oktober 2015 - 18:22:14 WIB

Tak hanya peluang bu­didaya, peluang pasar ikan cukup tersedia, karena ikan komsumsi asal Limapuluh Kota, terutama produksi jenis nila dan mas/rayo ma­sih belum snigtivikan. Buk­tinya, pada kedua jenis ikan tersebut, masih banyak yang didatangkan pedagang dari luar daerah ini.

Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Ir.Revilza yang dihubungi, sebelumnya menyebut, ikan konsumsi jenis nila dan mas rayo masih banyak yang masuk dari daerah luar, karena besar ikan hampir sama untuk kebutuhan rumah makan, warung dan lain. Sedangkan produksi ikan lele sudah banyak dihasilkan pebudi­daya ikan daerah ini.

Karena itu lanjutnya, diingatkan ke pendeder ikan di Limapuluh Kota, supaya menjaga mutu benih ikan, tidak melakukan pende­deran melebihi enam kali. Ikan yang perlu ditingkatkan mutunya adalah mas/rayo, jenis nila nirwana maupun gif serta gurami, lele sudah memenuhi standar.

Menurut dia, sebagian besar benih ikan dipasarkan setiap hari Minggu di pasar Ibuh Payakumbuh, sele­bihnya di setiap pasar tradi­sional Kabupaten Lima­puluh Kota, selain itu mere­ka memasarkan benih ikan setiap hari dengan menggu­nakan sepeda motor sampai ke pelosok nagari dan kelu­rahan.

Dikatakan, untuk mem­pertahankan mutu benih ikan, maka Dinas Perikanan Limapuluh Kota, sudah me­la­kukan sosialisasi dan mem­berikan pengetahuan tentang peningkatan mutu ikan kepada anggota kelom­pok pembudidaya ikan yang tersebar di sejumlah keca­matan. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]