Kabupaten/Kota Disarankan Belajar ke Mentawai


Senin, 12 Oktober 2015 - 18:27:11 WIB

Dikatakan, jika Men­tawai yang daerah kepulauan saja bisa meningkatkan pro­duksi padi mereka di atas 5 persen, kabupaten/ ko­ta lain tentunya juga harus mampu melakukan hal yang sama. “Kami mengimbau pada semua kabupaten/kota yang capaiannya belum di atas 5 persen, agar mencontoh dan belajar ke Mentawai,” papar Ali Asmar.

Selain Mentawai, tujuh daerah lain yang telah ber­hasil meningkatkan pro­duksi padi di atas 5 persen adalah Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kabupaten Pa­sa­man, Pasaman Barat,  Kabupaten Pesisir Selatan, dan Dharmasraya. Di­ka­ta­kan juga, Sumbar meru­pa­kan daerah yang berhasil dalam pengembangan dan peningkatan pangan. Hal ini, bahkan juga telah diakui di tingkat nasional.

“Kendati demikian, un­tuk mewujudkan Indonesia berdaulat pangan seperti yang dicita-citakan oleh presiden Jokowi, sejumlah persoalan harus tetap di­benahi.  Salah satunya, ada­lah tentang keberadaan iri­gasi yang akan menjadi fak­tor penunjang dalam pening­katan produksi padi,” tandas Ali Asmar.

Sekaitan dengan ini, po­tensi irigasi yang dimiliki Sum­bar, terang Sekda, men­capai 421,718 hektare. De­ngan luas tersebut, jumlah irigasi yang dimiliki  adalah 3.888 unit. Sebanyak 65 buah dengan luasan 65.007 hektare, dikelola oleh pe­merintah.

“Dan dari keseluruhan irigasi yang kita punya ter­sebut, 40 persen diantaranya masih berada dalam ke­adaan rusak sedang, hingga rusak berat. Sementara yang 60 persen lagi berada dalam kondisi baik,” kata Sekda.

Karenanya, lanjut Sekda lagi, dengan dikukuhkannya Komisi Irigasi Provinsi Sumbar periode 2015-2018, diharapkan pengembangan dan pengelolaan sistem iri­gasi bisa meningkat. Hingga pada akhirnya program nawa cita pemerintah dalam upaya terwujudnya kedaulatan pa­ngan, juga bisa tercapai.

“Dengan terbentuknya Komisi Irigasi ini, kita me­ma­ng berharap seluruh ka­bu­paten/kota di Sumbar mampu meningkatkan pro­duksi padi mereka. Layak­nya Mentawai, dan beberapa kabupaten/kota lain yang telah disebutkan tadi,” ung­kap Ali Asmar.

Dijelaskan Ali Asmar lagi, beberapa hal akan men­jadi tugas Komisi Irigasi ke de­pan diantaranya, me­ru­mus­kan kebijakan untuk mem­pertahankan dan me­ning­katkan kondisi serta fungsi irigasi dan me­ru­mus­kan pola dan rencana tata tanam.

Selanjutnya, me­ru­mus­kan rencana tahunan penye­diaan air irigasi, me­rumus­kan ren­cana tahunan pem­bagian dan pemberian air irigasi, mem­berikan reko­mendasi pri­oritas alokasi dana penge­lolaan irigasi, dan terakhir memberikan per­tim­bangan tentang izin alih fu­ngsi lahan irigasi. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 01:16:15 WIB

    Anggaran Minim, Kabupaten/Kota Diminta Badoncek

    PADANG, HALUAN — Pengalihan sejum­lah urusan dari kabupaten/kota ke provinsi pada 2017 mendatang diperkirakan me­ma­kan anggaran Rp1,6 triliun. Di lain sisi, kenaikan Dana Alokasi Umum (DAU) Sumbar dari pusat hanya dikis.
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:53:31 WIB

    Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah: Kabupaten/Kota Jangan Jadi Follower

    Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah: Kabupaten/Kota Jangan Jadi Follower PADANG, HALUAN — Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita, Asso­ciation of the Indonesia Tours and Travel Agencies) Sumbar Ian Hanafiah menyarankan agar pengembangan wisata oleh p­e­merintah kabupaten.
  • Senin, 21 Maret 2016 - 14:43:08 WIB

    Enam Kabupaten/Kota Capai Target PIN Polio

    PADANG, HALUAN — Jelang dirilisnya data final pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Sumbar pada 24 Maret nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar mencatat sudah enam kabupaten/kota yang berhasil mencapai target .
  • Selasa, 21 April 2015 - 18:56:43 WIB

    Disperindag Sinkronkan dengan Kabupaten/Kota

    SOAL MINUMAN BERALKOHOL

    PADANG, HALUAN — Pem­prov Sumbar melalui Dinas Perindustrian dan Perda­gang­an (Disperindag) akan men­sin­­kron­kan kembali aturan pelarangan Minum.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]