Mahasiswa Universitas Swasta Jadi Polisi Gadungan


Senin, 12 Oktober 2015 - 18:28:11 WIB

Pelaku yang berlagak seorang polisi berlengkapan layaknya sungguhan ber­pangkat briptu itu memiliki borgol dan senjata api laras pendek, yang setelah di­periksa ternyata hanya se­buah mancis korek api.

Dari seragam yang digu­nakan pelaku juga tergan­tung Kartu Tanda Anggota (K­TA) yang tertera tulisan anggota Ditnarkoba Polda Sumbar. Atas tindakannya tersebut, pelaku langsung digelandang ke Polsek Nang­galo, Minggu (11/10) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Dari pantauan Haluan, penangkapan pelaku polisi gadungan tersebut terjadi di Jalan Sepakat, Kelurahan  Jondul Lapai, Kecamatan Nanggalo.

Saat itu, pelaku me­min­jam motor korban pada Ming­gu (11/10) pagi sekitar 09.00 WIB hingga dikem­balikan pada pukul 10.30 WIB hanya menyerahkan kunci motor dan me­nga­takan motor diparkirkan di Gedung B kampus 1 UBH Ulak Karang. Setelah di-kroscek tidak lama ber­selang, korban kaget motor yang katanya diletakkan di parkiran kampus tersebut tidak ada.

Korban yang mulai cu­riga kemudian mencoba menghubungi pelaku namun tidak ada jawaban. Hingga pukul 16.00 WIB dihubungi lagi, pelaku mengatakan kepada korban bahwa dia masih ada kegiatan PAM TdS di wilayah Padang Ba­rat dan jalan masih ditutup.

Hingga pukul 19.00 WIB pelaku dihubungi lagi tidak ada jawaban. Tidak terima, korban mencoba meminta tolong kepada ke­luarganya yang juga anggota TNI Batalyon Kopda Des­rial, Yonif 133 Yudha Sakti Padang yang bermukim di kawasan korban bersama dengan anggota Intel Polda Brigadir Polisi Heru Gu­nawan.

Pada pukul 20.00 WIB, pelaku kembali ke kos kor­ban, setelah dicoba dita­nyakan oleh Intel Polda terkait kartu kea­ango­taan­nya, pelaku tidak bisa mem­perlihatkan.

Ketakutan se­orang polisi gadungan warga yang kesal mencoba ingin memu­ku­linya, namun ber­hasil di­amankan oleh ang­gota TNI dan digiring ke Polsek Nanggalo untuk di­mintai keterangannya.

Kapolsek Nanggalo AK­P Gusdi, membenarkan ke­jadian tersebut dan telah menerima serta meng­aman­kan salah seorang pelaku polisi gadungan

Namun pihaknya telah melemparkan khasus ini ke pihak Polsek Padang Utara, karena sebelumnya korban telah membuat laporan di Polsek Padang Utara terkait pencurian sepeda motor dengan nomor laporan: LP/529/K/X/2015/Sektor Pa­dang Utara.

“Pihak Polsek Padang Utara akan menjemput pe­laku untuk dimintai kete­rangannya terkait dengan kehilangan sepeda motor mahasiswi tersebut. Dari pengakuan pelaku masih menggelak, namun akan terus diselidiki oleh pihak Polsek Padang Utara,” ung­kap Gusdi.

Gusdi menambahkan, dari penjelasan pelaku men­dapat seragam anggota polisi tersebut dibeli dari seorang temannya. “Bahkan KTA yang dimiliki pelaku hanya pengenal abal-abal yang bisa dibuat di tempat perceta­kan,” tambahnya

“Ketika diinterogasi, pe­la­ku mengatakan bahwa ia anggota polisi dari Kota Pekanbaru, namun ID Card yang digunakannya tertulis anggota ditnarkoba Polda Sumbar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gusdi men­jelaskan, dari pengakuan pelaku, dia baru sebulan ini menjadi polisi gadungan. Saat ini kasus tersebut dise­rahkan sepenuhnya oleh pihak Polsek Padang Utara dan masih dalam penye­lidikan. Untuk sementara pelaku akan dijerat pasal 378 KUHP tentang penipu­an dengan ancaman huku­man diatas lima tahun ke atas.

Sementara itu, Kepo­lisian Sektor (Polsek) Pa­dang Utara melakukan pe­ngembangan terhadap seo­rang pria yang mengaku sebagai oknum Polri yang juga diduga terlibat dalam pencurian sepeda motor (curanmor).

“Pelaku dan korban se­belumnya sudah lama saling kenal namun sudah lama tidak bertemu,” kata Ka­polsek Padang Utara, Kom­pol Yulinasril saat ditemui di kantornya, Senin (12/10).

Ia menjelasakan, dari pengakuan korban pelaku sudah beberapa kali me­ngenakan seragam polisi dan mengaku saat ini ber­pangkat Briptu.

Dari keterangan polisi, pelaku dan korban bertemu di lingkungan kampus ter­se­but, lalu tersangka me­min­jam motor korban de­ngan alasan ingin men­jem­put barangnya yang ter­tinggal, padahal diketahui pelaku membuat kunci dup­likat motor tersebut dan sekem­balinya tersangka mele­tak­kan motor yang diguna­kannya di parkiran kampus.

“Pelaku mendatangi kor­­ban dan mengatakan kalau motornya sudah dipar­kir di parkiran kampus, korban percaya karena pela­ku mengembalikan kunci motor tersebut, tersangka beralasan meletakkan mo­tor di kampus yang terletak di kawasan Ulak Karang tersebut karena terjebak macet karena pelaksanaan TdS 2015,” papar Yu­lina­s­ril.

Ditambahkannya, sete­lah pelaku mengembalikan kunci motor korban, diduga pria yang mengaku sebagai polisi ini membawa motor tersebut ke Sawahlunto.

“Dalam perjalanan pela­ku membuka nomor polisi motor yang digunakannya dan membuangnya ke dalam jurang, setelah sampai di Kota Sawahlunto pelaku menitipkan motor korban ke temannya dan kembali ke Kota Padang dan berpura-pura tidak tahu kalau ia tidak mengetahui kejadian ini,” ungkapnya.

Korban sadar kalau mo­tornya sudah tidak ada se­telah meng-kroscek ke par­kiran kampus, ternyata su­dah tidak ditemukan lagi kendaraan miliknya.

“Karena sebelumnya kor­­ban telah membuat la­poran ke Polsek Padang Utara, maka pihak dari Pol­sek Nanggalo menyerahkan pelaku kepada kami,” pung­kas Kapolsek yang ber­kan­tor di kawasan Air Tawar ini.

Akibat ulah pelaku yang mengaku sebagai oknum Polisi dan juga diduga ter­libat curanmor, tersangka dijerat dengan pasal berlapis 378, 363 junto 362 dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun kurungan pen­jara. (h/mg-adl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]