Hujan Bantu Tingkatkan Jarak Pandang


Senin, 12 Oktober 2015 - 18:29:08 WIB

Namun kata Budi, se­telah hujan mengguyur Kota Padang dan beberapa wi­layah di Sumbar jarak pan­dang kembali normal diang­ka 2.000 meter. “Untuk kualitas udara kembali ke level sedang,” paparnya.

Dikatakan Budi, kabut asap yang kembali menutupi Sumbar, khususnya Kota Padang, dikarenakan arah angin yang bertiup dari arah selatan. Akibatnya kabut asap kembali menyelimuti daerah ini.

“Kita terus memantau kabut asap ini. kita terus melaporkannnya terutama kepada pihak bandara apa­lagi ketika jarak pandang berkurang. Namun, sejauh ini belum mengganggu pe­ner­bangan,” imbuhnya.

Sementara untuk potensi hujan, ujar Budi, sangat berpeluang terjadi di wilayah pesisir pantai Sum­bar dengan intensitas se­dang. “Untuk Kabupaten Dharmasraya dan Kabu­pa­ten Sijunjung peluang hujan­nya sangat kecil,” ujar Budi.

Tetap Pakai Masker

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Rosnini Savitri mengimbau masyarakat menggunakan penutup hidung dan mulut berupa masker disposable (masker kesehatan sekali pakai) agar terhindar dari gangguan pernapasan akibat kabut asap .

“Warga sebaiknya meng­gunakan masker disposable berwarna hijau-putih yang biasa dijual di apotek. Mas­ker ini sudah dilengkapi dengan kawat yang dapat melekatkan ke hidung dan penyaring debu,” kata dia.

Ia mengatakan peng­gunaan masker disposable lebih disarankan dibanding jenis lain karena terdiri dari tiga lapisan yang dapat me­minimalisir terhirupnya mo­lekul debu.

Pergerakan Islam Ma­hasiswa Indonesi (PMII) Kota Padang meminta pe­merintah mengerahkan se­mua elemen negara untuk menanggulangi pembakaran lahan dan hutan yang telah menimbulkan kabut asap pada sejumlah wilayah di Sumatera.

“Hingga hari ini bencana asap masih terjadi, kami minta pemerintah serius me­nang­gulanginya,” kata Ketua PMII Kota Padang Aldi Putra. Me­nurut dia bencana asap sudah dapat dikategorikan kejah­atan lu­ar biasa karena membuat banyak orang menjadi kor­ban.

“Oleh sebab itu perlu ada usaha yang tepat dan bijak agar ini tidak terus berulang,” ujar dia. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:48:47 WIB

    Hujan Sejak Kamis Siang, Kota Padang Dikepung Banjir

    Hujan Sejak Kamis Siang, Kota Padang Dikepung Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan intensitas sedang disertai angin kencang terjadi di Kota Padang, Kamis (1/10/2020) sejak pukul 13.00 WIB hingga 17.50 WIB, menimbulkan genangan air di sejumlah titik. .
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:03:50 WIB

    Diguyur Hujan 3 Jam, Puluhan Rumah Warga di Padang Terendam Banjir

    Diguyur Hujan 3 Jam, Puluhan Rumah Warga di Padang Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Curah hujan tinggi sejak malam hari mengakibatkan banjir di Kota Padang. Tak hanya jalanan, rumah warga pun ikut terendam banjir. Selain curah hujan tinggi, banjir juga disebabkan ada parit yang tersumbat..
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 06:02:17 WIB

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras mengguyur Kota Padang, Provinsi Sumbar pada dini hari Sabtu (9/5/2020). Hujan juga disertai angin kencang. Hal tersebut membuat sebagian warga waspada. Terutama daerah rawan banjir kala.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:03:48 WIB

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diguyur hujan beserta angin kencang dalam 2 (dua) hari terakhir, 10 (sepuluh) pohon tumbang di beberapa wilayah Kota Padang. Sembilan diantaranya menghambat akses jalan, sedangkan 1 (satu) pohon me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.2.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]