Bus Trans Padang Ditambah 10 Unit Lagi


Senin, 12 Oktober 2015 - 18:49:06 WIB

“Sudah setengah jam le­bih saya di sini, tapi busnya tak datang-datang. Mau naik yang lain,  tak ada  juga angkot yang lewat jalur Kha­tib-UNP selain Trans Pa­dang. Kalaupun ada Bus Kota, itu hanya satu-satu,” ucap Anya dengan nada kesal.

Disebut Anya, akibat kedatangan Trans Padang yang terlalu lama ia jadi sering mengalami keterlam­batan kuliah. Tak jarang, karena tak sabar menunggu ia terkadang memilih naik ojek menuju Ulak Karang. Hingga kemudian naik ang­kot ke kampusnya di UNP.

”Bisa saja saya datang le­bih cepat, misal satu jam sebelum masuk kuliah, tapi jadinya kan waktu saya akan banyak terbuang percuma. Sementara  kalau per­gi setengah jam sebelum jadwal perkuliahan, saya bisa mem­bereskan pekerjaan rumah ter­lebih dahulu” kata Anya lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang pegawai swasta, Rina (27). Rina yang merupakan war­ga Tabing dan sehari-hari bekerja di daerah Khatib juga men­ceri­takan pengalaman selama meng­gunakan transportasi Trans Pa­dang. Menurut Rina, ia tak hanya menunggu sampai setengah jam, tapi penantiannya untuk bisa naik moda transportasi satu ini bahkan bisa berjam-jam.

“Masih lumayan kalau hanya setengah jam, coba saja naik saat sore hari seperti yang sering saya alami,  menunggunya bisa sam­pai dua jam lebih. Penyebabnya, ya, karena setiap bus yang datang itu selalu penuh oleh penumpang yang akan pulang, baik dari bekerja atau anak-anak yang pulang sekolah,”  tutur Rina.

Dikatakan Rina lagi, jika pemerintah Kota Padang me­mang serius ingin memberi ke­nyamanan pada masyarakat dan ingin mengganti transportasi yang ada dengan  Trans Padang, ke­ter­sediaan bus mestinya harus menjadi perhatian.

“Kalau begini sama halnya menyusahkan masyarakat, ang­kutan lain dilarang jalan. Semen­tara bus yang disediakan be­lum cukup. Sebagai masyarakat saya memang kecewa dengan situasi ini. Diharapkan ini bisa menjadi perhatian oleh bapak walikota,” tandas Rina.

Menanggapi ini, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan In­formatika (Dishub­ko­minfo) Kota Padang, Rudi Rinaldi me­ngakui, Armada Trans Padang yang tersedia sekarang memang masih minim.  Saat ini, kata Rudi, jumlah Armada Trans Pa­dang yang dimiliki Kota Padang baru 15 unit.

“Kendati demikian, kami minta pada masyarakat untuk bersabar dulu. Saat ini kami tengah mengupayakan untuk penambahan armada, Insya Allah Desember mendatang akan ada tambahan sebanyak 10 unit lagi,” jelasnya.

Menurut Rudi, penambahan 10 unit armada Trans Padang ini akan dioperasikan untuk menam­bah kekurangan di koridor I. Sementara untuk koridor II dan seterusnya, semua akan dijalan­kan setelah operasi koridor satu berjalan maksimal dengan jumlah bus yang cukup.

Jika rencana kedatangan Bus Trans Padang yang 10 unit tadi terealisasi, tambah Rudi, dipre­diksi waktu tunggu masyarakat tak akan sampai setengah jam. “Kalau yang 10 unit tersebut telah kita terima, kami perkirakan, tak sampai 15 menit masyarakat sudah bisa berangkat dengan bus yang mereka tunggu,” tandas Rudi. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 15:11:56 WIB

    BSM Serahkan 1 Unit Bus ke Pemko Padang

    BSM Serahkan 1 Unit Bus ke Pemko Padang HARIANHALUAN.COM - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) menyerahkan satu unit bus untuk transportasi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang kepada Pemerintah Kota Padang, Rabu (23/9)..
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 21:25:04 WIB

    Cek Suhu Tubuh, Kening Penumpang Bus 'Ditembak' Thermo Gun

    Cek Suhu Tubuh, Kening Penumpang Bus 'Ditembak' Thermo Gun PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus gencar melakukan langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kota Padang..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 18:32:03 WIB

    Pelanggan Keluhkan Distribusi Air PDAM Padang

    Pelanggan Keluhkan Distribusi Air PDAM Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Warga Komplek Taruko 1 Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji mengeluh karena pasokan air bersih dari PDAM Kota Padang tidak lancar mengalir ke rumah warga..
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:06:46 WIB

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi sampah di Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah mencarikan jalan keluarnya. Solusi jangka pendek, pada tahun ini menganggarkan 1 lokasi kubus apung yang .
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:53:32 WIB

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang menetapkan target pajak daerah pada tahun 2020 Rp641 miliar. Pajak ini terdiri dari 11 item, yakni pajak restoran, hotel, hiburan, reklame, parkir, air.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]