Disnakertrans Dorong Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas


Rabu, 14 Oktober 2015 - 19:25:27 WIB

Ia mengatakan, Disna­kertrans mendorong semua elemen, Satuan Kerja Pe­rangkat Daerah (SKPD), pengusaha maupun ins­tansi perusahaan untuk mem­per­hatikan penyan­dang disa­bilitas, apalagi saat ini sudah ada Peraturan Daerah (Per­da) dan im­plementasi Un­dang-undang disabilitas.

Ia memaparkan, Sum­bar merupakan peraih 10 besar dalam mem­pe­kerja­kan tenaga kerja disa­bi­litas yang diserahkan oleh Men­teri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri kepada Pj Gu­ber­nur Sumbar sekitar satu bulan yang lalu.

Hasil tersebut, katanya diperoleh setelah panitia dari pusat melakukan survei dan penilaian, dari lima peru­sahaan di Sumbar yang di­usulkan, rumah sakit Yos Sudarso menjadi penilaian terbaik dalam mem­peker­jakan tenaga kerja disa­bilitas.

“Kita patut bangga, kere­na penyerapan tenaga kerja disabilitas Sumbar masuk 10 besar dari 34 provinsi yang ada di Indonesia,” paparnya.

Ia menyebutkan, pe­nyan­­dang disabilitas juga manusia mem­punyai hak yang sama dan tidak boleh di diskri­mi­nasi. Jika pe­nyan­dang disa­bilitas terse­but memiliki keahlian khu­sus sesuai de­ngan kecaka­pannya, maka tentu harus memberikan luang un­tuk­nya.

Sesuai dengan UU No. 4 Tahun 1997 tentang pe­nyan­dang cacat ditegaskan bahwa penyandang cacat berhak untuk mem­per­oleh pekerjaan dan peng­hi­du­pan yang layak dan men­dapat perlakuan yang sama dan tanpa dis­kriminasi.

“Untuk itu, mari kita dorong semua elemen agar terdorong untuk mela­ku­kan pemberdayaan ter­ha­dap pe­nyandang di­sa­bi­litas,” ka­ta­nya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Mar­lina Suswanti meng­ha­rap­kan pihak eksekutif me­nempatkan persoalan disa­bilitas menjadi pri­ori­tas.

“SKPD yang terkait agar bisa menjalankan apa yang telah termuat di da­lam per­da tersebut,” jelas­nya. (h/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]