Warga Padang Panjang Tumpah Ruah di Secata B


Rabu, 14 Oktober 2015 - 19:30:00 WIB

Dalam sambutannya di Masjid Raya Jihad, Hendri Arnis memberi apresiasi kepada para pelajar yang ramai mengikuti serang­kaian kegiatan festival Mu­harram yang diawali di Mas­jid Raya itu.

“Saat kita lihat para orang tua meramaikan mas­jid untuk salat berjamaah, sepertinya sudah meru­pa­kan hal biasa. Tapi saat kita menyaksikan ramainya para pemuda dan pelajar me­menuhi masjid untuk me­nunaikan salat berjamaah, itu merupakan sebuah pres­tasi,” ujar Hendri Arnis.

Setelah penyambutan jamaah haji yang ditutup dengan salat Isya berjamaah, seluruh jamaah Masjid Raya Jihad berbondong-bondong berjalan ke lapangan Secata B untuk menyaksikan tau­siah yang di berikan oleh Ustad M. Fikri Haikal dan lantunan syair Islami yang didendangkan oleh Puput Melati dan Putri Muslimah.

Sebelum memulai tau­siahnya, Ustad M. Fikri Haikal yang merupakan Putra dari Almarhum Zai­nuddin MZ itu, dijamu makan malam oleh wali­kota beserta unsur muspida di Kompi Markas Secata B Padang Panjang.

Diwarnai Tabuhan Beduk

Sementara peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah di tanah Datar, dipusatkan di Gedung Na­sio­nal Sri Maharajo Dirajo Batusangkar. Momentum itu ditandai dengan pemu­kulan beduk saat masuknya waktu salat Magrib oleh Sekdakab Tanah Datar. Pe­ringatan awal tahun Hi­jriyah berbeda dengan pe­ringatan tahun Masehi yang dimulai pada jam 00.00 WIB.

Usai pemukulan beduk, dikumandangkan azan ma­grib oleh tiga orang anak secara serentak dan di­lan­jutkan salat Magrib ber­jamaah yang diikuti oleh ribuan jamaah dari unsur PNS Tanah Datar, jamaah BKMT se-Kabupaten Tanah Datar dan masyarakat.

Sekda Tanah Datar, Har­­­diman menghimbau kepada masyarakat untuk memaknai pergantian tahun Hijriyah tidak hanya seba­gai perubahan waktu. Lebih dari itu, diharapkan bisa menjadi momentum untuk melakukan koreksi dan introspeksi menuju peru­bahan dan kebaikan.

“Barang siapa hari ini lebih baik dari hari ke­maren, maka mereka ter­masuk orang yang berun­tung. Dan barang siapa yang hari ini sama saja dengan hari sebelumnya, maka me­re­ka termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemaren, maka meraka adalah golongan yang dilaknat Allah SWT,” tandas Hardiman.

Rangkaian peringatan Tahun Baru Islam 1437 H, juga diisi dengan tausiah agama yang disampaikan Ustad Afrizal Thaib, seka­ligus penyerahan pemenang berbagai lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan penyambutan tahun baru Islam 1437 H. (h/mg-pis/fma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]