Ampiang Parak Ditanami 27.500 Bibit Vegetasi


Rabu, 14 Oktober 2015 - 19:31:11 WIB

“Kami meminta seluruh warga ikut men­jaga tanaman ini. Banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat di si­ni, sekiranya tanaman ini tumbuh dan ter­pelihara. Misalnya kawasan ini akan ja­di indah dan juga akan membuat ikan se­nang untuk berkembang biak,” kata­nya.

Disebutkannya, di Pessel ada 15 hektare lahan yang akan dihijaukan. “Lahan tersebut adalah Pantai Ampiang Parak, Pantai Sungai Sirah, Pantai Sumedang dan Pantai Nyiur Melambai. Program tersebut telah memasuki tahap sosialisasi dengan memberdayakan kelompok masyarakat,” katanya.

Sebelumnya Pemuda Ampiang Pa­rak, Kecamatan Sutera telah pula melakukan penghijauan dan perawatan pantai de­ngan swadaya. Pantai se­panjang 1,7 kilometer yang berada di kawasan Pasar Ampiang Parak, selain sudah mulai berangsur hijau, ren­cananya juga diper­siapkan sebagai lokasi konservasi penyu.

Pantauan Haluan, pantai dengan panjang 2,5 km tersebut diapit oleh danau (muara yang sudah buntu) dengan luas 20 hektare. Namun dibandingkan enam bulan lalu, kondisi saat ini sudah jauh dari kesan gersang.

Sebelumnya, masyarakat sekitar kawasan pantai juga sudah menanam bibit ketapang. Saat ini, kawasan yang sudah berhasil ditanam bibit ketapang mencapai 500 meter. Seluruh tanaman pada areal 500 meter, itu telah dipagar dengan bahan-bahan yang diperoleh di kawasan terdekat. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Juni 2019 - 16:42:07 WIB

    Penangkaran Penyu Ampiang Parak Bakal Miliki Dermaga Mini

    Penangkaran Penyu Ampiang Parak  Bakal Miliki Dermaga Mini PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Laskar Turtle Camp (LTC) Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Haridman menyebutkan, 2019 ini pihaknya bakal membangun dermaga mini guna mempermudah akses pengunjung keti.
  • Senin, 10 Juni 2019 - 14:19:08 WIB

    Tahun ini, Penangkaran Penyu Ampiang Parak Miliki Dermaga Mini

    Tahun ini, Penangkaran Penyu Ampiang Parak Miliki Dermaga Mini PAINAN, HARIANHALUAN.COM-Ketua Laskar Turtle Camp (LTC) Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Haridman menyebutkan, 2019 ini pihaknya bakal membangun dermaga mini guna mempermudah akses pengunjung ketika.
  • Rabu, 29 Mei 2019 - 20:24:16 WIB

    Nagari Ampiang Parak Bersama Diskerpus Kembangkan Inovasi Arsip Satu Pintu

    Nagari Ampiang Parak Bersama Diskerpus Kembangkan Inovasi Arsip Satu Pintu PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Pesisir Selatan lakukan pembinaan tata kelola kearsipan dan perpustakaan dalam rangka persiapan Lomba Nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat, b.
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 02:35:17 WIB

    Nagari Ampiang Parak Langganan Banjir Rob

    Nagari Ampiang Parak Langganan Banjir Rob PAINAN, HALUAN — Jalan Lintas Barat Sumatera yang terdapat di nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera tahun ini menjadi titik terparah direndam air rob. Jalan yang terendam air tidak kurang dari 500 meter dan mengakibatkan as.
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 04:10:31 WIB

    Warga Nagari Ampiang Parak Buka Jalan Baru dengan Goro

    PAINAN, HALUAN — Warga di Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan ber­juang membuat Jalan Lingkar sepanjang 1.000 meter dengan gotongroyong..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]