KPU Temukan 148 Kerusakan APK


Rabu, 14 Oktober 2015 - 19:44:33 WIB

Untuk itu, KPU Provinsi sudah menginstruksikan ke KPU ka­bu­paten kota agar mengidentifikasi berapa jumlah APK yang rusak di daerah masing-masing seperti spanduk, baliho, dan umbul-umbul berapa jumlah kerusakannya.

“Dan hingga kini sudah ada 16 kabupaten kota yang memasukkan laporannya, bahwa untuk pemilihan cagub ada di beberapa titik spanduk yang sudah dipasang oleh KPU rusak,” ujarnya, Rabu (14/10).

Fikon menyebutkan, untuk baliho paslon gubernur nomor urut satu, mengalami kerusakan dua buah. Dan paslon nomor urut dua, terdapat satu kerusakan pada baliho.

Sementara itu, yang paling banyak rusak itu adalah umbul-umbul dan spanduk. Jumlah um­bul-umbul paslon nomor satu  yang rusak sebanyak 42 buah, dan paslon nomor dua 48 buah yang rusak.

Sementara kerusakan spanduk pada paslon nomor urut satu ter­dapat 40 unit, dan paslon nomor dua  51 unit. Dalam hal ini, KPU Sumbar akan melakukan cetak ulang dan penggantian bagi semua laporan kerusakan APK yang sudah masuk ke provinsi.

“Nanti penggantian APK ini harus dipasang kembali ke tempat semula, dan sesuai dengan aturan kampanye,” ulasnya.

Dikatakan juga, jika APK pas­lon rusak karena alam maka KPU akan menggantinya, dan begitu juga dengan kerusakan APK karena disengaja atau tangan-tangan jahil memang akan dilakukan juga peng­gantian namun dengan catatan harus ada berita acara yang di­ketahui oleh pihak kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu (Ba­was­lu). (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:09:43 WIB

    Pemilih Disabilitas Keluhkan Sosialisasi KPU

    Pemilih Disabilitas Keluhkan Sosialisasi KPU PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kelompok disabilitas menilai minimnya sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat partisipasi pemilih disabilitas rendah. Sosialisasi yang diberikan kepada penyandang disabilitas juga dib.
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 11:10:40 WIB

    Rekap Suara KPU, Mahyeldi-Hendri Menang Telak di Pilkada Kota Padang

    Rekap Suara KPU, Mahyeldi-Hendri Menang Telak di Pilkada Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM –Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Padang yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (4/7), menetapkan Mahyeldi - Hendri Septa mendapatkan suara 212,526 atau 62,92 persen..
  • Kamis, 28 April 2016 - 04:38:37 WIB
    12 Ribu KTA Sudah Didistribusikan

    Perindo Siap Diverifikasi KPU

    PADANG, HALUAN — Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Indonesia (DPW Perindo) Sumbar, siap mengikuti verifikasi faktual yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu, juga mengkla.
  • Kamis, 07 April 2016 - 03:31:05 WIB
    Pilkada Jilid II

    Pemprov Sumbar Tunggu Arahan Mendagri dan KPU

    PADANG, HALUAN — Hingga saat ini belum ada keputusan dari Kemendagri dan KPU kabupaten/kota mana saja yang akan menjadi peserta Pilkada serentak gelombang kedua yang dilaksanakan pada 2017. .
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:58:18 WIB
    Pilkada Payakumbuh dan Mentawai

    KPU Singkronkan Kebutuhan Anggaran

    PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Tim TAPD Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Mentawai, hingga kini masih men­sing­kron­kan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan pilkada di kedua daerah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]