PLN Janji Pemadaman Usai


Rabu, 14 Oktober 2015 - 20:03:48 WIB

General Manajer PT PLN Wilayah Sumbar Su­priyadi saat berkunjung ke kantor Harian Haluan, Komplek Lanud, Tabing Selasa (13/10) sore menu­turkan, pemadaman bergilir ini tidak hanya terjadi di Sumbar. Akan tetapi hal yang sama merata terjadi untuk wilayah Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung.

“Saat ini hampir secara ber­samaan itu, semua pembangkit tengah dilakukan perawatan termasuk Teluk Sirih. Dua bulan ini setelah usai pemeliharaan, (pasokan listrik) sudah bisa kembali normal,” ujarnya di depan Pimpinan Umum (PU) Harian Haluan Zul Effendi, Wakil Pimpinan Perusahaan (WPP) David Ramadian, dan Kabag Iklan Yunasbi.

Selain pemeliharaan kata Supriyadi, kondisi cuaca juga cukup membuat rumit kondisi ini. Kemarau yang melanda Sum­bar saat ini membuat debit air yang ada di danau Maninjau dan Singkarak ikut terdampak.

“PLTG di Sumatera Selatan yang menjadi harapan pun tidak bisa berbuat banyak karena terpa­par kabut asap. Sehingga terjadi pengurangan daya 150 MW,” imbuh Supriyadi.

PLTG Sumsel, ini ujar Supri­yadi saat ini tengah diberi mas­ker. Karena partikel abu yang masuk ke turbin membuat mesin tidak beroperasi maksimal. “Ke­ti­ka pemeliharaan selesai dan cuaca mendukung maka akan  kembali beroperasi normal,” paparnya.

Deputi Manajer Operasi Lis­trik Sumbar, Junaidi menam­bahkan, dalam kondisi musim basah, semua pembangkitkan mulai dari Teluk Sirih, Ombilin, Koto Panjang, Singkarak, Manin­jau, Batang Agam menghasilkan 746 MW. Sementara untuk beban hanya 520 MW, jadi masih sur­plus sekitar 200 MW.

“Hanya saja dengan fluktuasi kondisi sangat tidak diprediksi, seperti halnya air. Untuk air Singkarak 4x43 dan Maninjau 4x17 batas normalnya. Sehingga perlu dilakukan atur peng­guna­annya,” ujar Junaidi didampingi Manajer PT PLN Area Padang Widodo dan Deputi Humas PT PLN Ridwan.

Dalam pengoperasiannya, kedua turbin ini masih dipak­sakan , hanya saja bertahan sela­ma tiga hari setelah itu sele­sai. “Kalau ini tetap dioperasikan harus seizin gubernur dan di­reksi,” pungkasnya.

Menurut Junaidi pengaruh cuaca ini terhadap debit air di Maninjau dan Singkarak bisa menurunkan 50 persen dari produksi daya yang ada. Sehingga apabila kondisi ini terjadi dilaku­kan pengaturan pengoperasian turbin. “Kadang kita mengisi airnya siang, maka ada pema­daman siang, barulah malam kita lepas airnya sehingga malam tidak ada pemadaman,” imbuh­nya.

Dilanjutkan Junaidi, bahwa saat ini PLN tengah melakukan penambahan pembangkit dengan kapasitas masing-masing 10 MW. Pembangkit ini digerakkan de­ngan air keluaran dari turbin utama yang yaitu, Danau Manin­jau dan Danau Singkarak.

“Saat ini tengah dalam proses pengerjaan. Kita perkirakan itu pada bulan Desember sudah bisa dioperasikan,” tandasnya.

PLN juga tengah mencari alternatif energi baru untuk mendukung kinerja PLN. Salah satunya dengan pemanfaatan aliran sungai dan pemanfaatan geothermal. “Muara Labuh de­ngan su­ngai-sungai yang besar, itu sete­lah dikaji bisa menghasilkan potensi listrik sebesar 90 MW. Saat ini potensi ini yang mulai dilirik pihak swasta. Nantinya dari pihak swasta akan menjual kembali ke PLN,” terang Junaidi.

Untuk geothermal yang juga berada di Muara Labuh kata Junaidi juga mempunyai potensi listrik yang besar. Diperkirakan hingga 200 MW apabila berhasil diproduksi. “Po­tensi cadangan energy saat ini terletak di Selatan. Hanya saja semua belum terserap dan belum bisa dipergu­nakan,” ucapnya.

PLN Merencanakan Pembuatan Tol Listrik

Untuk mencukupi kebutuhan energi listrik dan mempermudah penyaluran energi listrik ke wilayah di Sumbar, PT PLN tengah mengkaji untuk pembutan tol listrik. Tol listrik ini nantinya akan menyalurkan daya 275 KV dari Kiliran Jao menuju Paya­kumbuh.

“Cadangan energi terbesar saat ini di Selatan. Yang baru terserap itu sekitar 150 KV. Hanya saja kita tidak punya tol listrik untuk menyalurkan 275 KV, sehingga dibutuhkan tol listrik ,” tandasnya.

Hanya saja saat ini kata Ju­naidi yang menjadi kendala adalah masalah pembebasan lahan. Di mana masyarakat me­minta harga yang lebih tinggi dari tim Appraisal akibatnya perusa­haan tidak mampu menyanggupi.

“Kita sangat berharap duku­ngan dari pemerintah daerah, provinsi dan juga media massa tentunya. Untuk mengedukasi warga masyarakat terkait pen­ting­nya tol listrik ini,” tambah Manajer PT. PLN Area Padang Widodo. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:58:49 WIB

    Segera Hidupkan Listrik PLN, Andre Selamatkan Nasib 200 Pedagang SPR Padang

    Segera Hidupkan Listrik PLN, Andre Selamatkan Nasib 200 Pedagang SPR Padang HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade sangat diharapkan kehadirannya di daerah pemilihannya. Hal ini terlihat dalam dialog Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu dengan perwakilan pedagang Sentra.
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 15:23:26 WIB

    DPRD Padang Apresiasi PLN yang Ringankan Beban Listrik Warga

    DPRD Padang Apresiasi PLN yang Ringankan Beban Listrik Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Kota Padang mengunjungi PT. PLN UP3 Padang,  untuk mengetahui kesiapan PLN dalam menghadapi masa pademi Kovid-19 di Kota Padang. .
  • Jumat, 20 Desember 2019 - 13:32:40 WIB

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas

    Siaga Nataru, PLN UIW Sumbar Siapkan Ribuan Petugas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menyiagakan personel jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Setidaknya, ribuan personel dipersiapkan untuk melayani masya.
  • Sabtu, 26 Oktober 2019 - 18:23:41 WIB
    Meriahkan Hari Listrik Nasional ke-74

    Ratusan Pegawai PLN Sumbar Gowes Keliling Kota

    Ratusan Pegawai PLN Sumbar Gowes Keliling Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka memeriahkan Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada 27 Oktober 2019, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menggelar Funbike PLN Grup, Sabtu (26/10) pagi..
  • Jumat, 30 Agustus 2019 - 11:07:13 WIB

    PLN Sumbar Kembali Sumbang Kontainer Sampah ke Pemko Padang

    PLN Sumbar Kembali Sumbang Kontainer Sampah ke Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup di tingkat Kota Padang Tahun 2019, PT PLN UIW Sumbar turut serta berkontribusi dengan penyerahan CSR dalam bentuk kontainer sampah kepada Dinas Lingkung.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]