Jalur Evakuasi Prioritas, Kawasan Pinggiran Menyusul


Kamis, 15 Oktober 2015 - 19:47:49 WIB

Di Lubuk Minturun, untuk menuju sumber air PDAM, jalan masih ber­kerikil dan jaraknya cukup jauh. Menurut ketua pe­muda setempat, Asril, sudah hampir dua tahun pe­me­rintahan Mahyeldi, tapi betonisasi jalan belum me­nyentuh daerah mereka. Apalagi di Lubuk Minturun sekarang ini cukup banyak kegiatan Pemko Padang.

“Setiap ada kegiatan di Lubuk Minturun ini, pak wali juga jarang datang. Makanya jalan lingkung di Lubuk Minturun ini masih banyak yang buruk,” ucap Asril.

Ia mengharapkan beto­nisasi ini tidak hanya untuk jalan di pusat kota saja. Tapi di kecamatan pinggiran juga harus diperhatikan. Sebab, Kota Padang ini tidak hanya kota saja.

“Kita lihat saja nanti, apakah program betonisasi ini apakah di kota saja di prioritaskan atau seluruh kecamatan,” kata Asril.

Kecamatan Bungus Te­luk Kabung juga mengalami nasib yang sama dengan Lubuk Minturun. Hanya saja di Bungus Teluk Ka­bung lebih parah karena betonisasi nyaris tidak ada.

Masyarakat setempat yang mayoritas sebagai pe­tani juga mengharapkan jalan lingkung mereka di­perbaiki. Apalagi jalan ling­kung diharapkan masya­rakat sebagai bentuk kepe­dulian pemerintah terhadap masyarakat.

“Kami masyarakat Bu­ngus Teluk Kabung nyaris tidak merasakan program walikota, terutama soal pembangunan jalan ling­kung. Kami berharap pem­bangunan tidak dibeda-bedakan oleh pemerintah,” urai Rahmad, warga Bungus Teluk Kabung.

Apa yang dirasakan oleh masyarakat tentang program betonisasi ini memang be­nar. Karena Pemko Padang lebih memprioritaskan pem­bangunan jalan beto­nisasi di jalur evakuasi. Ini artinya jalur evakuasi ber­ada di pusat Kota Padang atau di bibir pantai.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pe­ker­jaan Umum Kota Padang Hendri Zulviton, memang masih ada beberapa titik yang belum dibetonisasi.

Dijelaskan, pada tahun 2014 PU menganggarkan Rp 47,37 miliar untuk be­tonisasi jalan sepanjang 55,69 KM. Sementara tahun 2015 PU kembali meng­anggarkan dana betonisasi melalui dana APBN sebesar Rp88,25 miliar yang akan digunakan untuk betonisasi jalan sepanjang 97,5 KM.

Pada umumnya jalan-jalan tersebut masih berada di pusat kota atau di jalur evakuasi tsunami, di kom­plek perumahan.

“Memang di daerah ping­giran tidak akan kita ting­galkan. Tetapi, sesuai de­ngan rencana pimpinan, jalur evakuasi di utamakan. Bukan berarti di keca­ma­tan di luar pusat kota kita abai­kan,” tutup Hendri. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 00:07:44 WIB

    Jalur Pantai Air Manis Dibuka, RW Setempat: Kami Gamang!

    Jalur Pantai Air Manis Dibuka, RW Setempat: Kami Gamang! HARIANHALUAN.COM -- Pembukaan jalur objek wisata Pantai Air Manis Kota Padang, Sumatera Barat, memberi rasa ketakutan dan kegamangan bagi masyarakat setempat mengingat area pemukiman yang kecil, sehingga memiliki potensi besa.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 16:56:18 WIB

    Koridor IV Jalur Bypass - Anak Air Trans Padang Beroperasi Tahun Ini

    Koridor IV Jalur Bypass - Anak Air Trans Padang Beroperasi Tahun Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Transportasi massal, Trans Padang ditargetkan dapat menyentuh atau melewati seluruh kecamatan di Kota Padang pada tahun 2021. Selain untuk menambah transportasi masal, kehadiran Trans Padang di sel.
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 16:37:33 WIB

    Jalur Angkot Kawasan Bundaran Air Mancur Ditata Ulang

    Jalur Angkot Kawasan Bundaran Air Mancur Ditata Ulang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Demi kenyamanan dan ketertiban kawasan Pasar Raya, tim gabungan melakukan penataan kawasan bundaran air mancur, Jumat (3/5). Penataan diawali dengan memasang rambu baru di kawasan tersebut untuk jal.
  • Rabu, 06 Desember 2017 - 11:45:57 WIB

    Jalur Dua Bypass Padang Rampung Akhir Tahun

    Jalur Dua Bypass Padang Rampung Akhir Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengerjaan Jalur Dua Bypass Padang diperkirakan rampung jelang pergantian tahun. Saat ini, pengerjaan menyisakan pengaspalan di tiga titik dengan total panjang kurang lebih 400 meter. Sedang pada .
  • Jumat, 17 November 2017 - 10:31:04 WIB

    Investor Diimbau Pakai Jalur Resmi

    Investor Diimbau Pakai Jalur Resmi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang mengingatkan kepada seluruh investor yang ingin berinvestasi di Kota Padang menggunakan jalur resmi. Hal ini terkait adanya kasus dugaan penipuan oleh seorang pengusaha asal Kota Pad.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]