Satu Buah Sehari Belum Cukup


Jumat, 16 Oktober 2015 - 17:16:05 WIB
Satu Buah Sehari Belum Cukup

Untuk mendapatkan efek antioksidan dalam me­nangkal polusi itu, konsumsi satu atau dua buah sehari tidak cukup. “Efek antiok­sidan yang kuat baru didapat setelah mengonsumsi se­puluh jenis buah berwarna-warni. Mengapa harus ber­warna-warni? Sebab anti­oksidan itu ada di dalam warna buah,” terang Dr. Samuel.

Baca Juga : Viral! Pesta Pelajar di Kantor Bupati Langgar Prokes

Konsumsi dua hingga tiga buah per hari memang baik karena bisa menjaga tubuh tetap sehat. “Kan­dungan vitamin C dua hing­ga tiga jenis buah itu kurang lebih 60-90 mg. Manfaatnya hanya menjaga tubuh sehat. Kalau ingin mendapatkan efek perlindungan tubuh terhadap penyakit dege­neratif dan radikal bebas serta awet muda dibutuhkan vitamin C paling tidak 250 mg sehari. Ini setara dengan 10 buah jeruk,” katanya.

Diakui oleh Dr. Samuel bahwa tidak mudah untuk langsung mengonsumsi 10 jenis buah sehari. “Mulailah dengan makan atau mem­buat jus tiga jenis buah sehari. Lalu perlahan tingkatkan jadi lima jenis buah. Setelah biasa, tingkatkan terus hing­ga 10 jenis buah sehari,” ujarnya.

Baca Juga : Dokter Reisa: Vaksinasi pada Bulan Ramadan tidak Membatalkan Puasa, Justru Diwajibkan

Soal harga buah yang cenderung mahal, Dr. Sa­muel menganjurkan kita untuk berpaling ke buah-buah lokal yang murah. “Buah impor itu penam­pilannya saja yang menarik. Soal kualitas buah lokal tak kalah bersaing,” katanya.

Semua buah itu me­mi­liki spesifikasi yang tinggi. Meski sama-sama mengan­dung vitamin C, mangga punya kelebihan kalium yang tinggi sedangkan jeruk memiliki kandungan kal­sium yang tinggi. Jambu biji juga punya kandungan vita­min C yang sangat tinggi plus kandungan serat. “Jadi pen­ting untuk mengonsumsi bermacam-macam buah da­lam sehari untuk men­dapat­kan semua manfaatnya,” tegasnya.

Baca Juga : Pria Lajang Lebih Berisiko Terkena Penyakit Mematikan Ini

Sayangnya makan bera­neka buah ini belum men­jadi kebiasaan orang In­donesia. Tercatat tahun lalu kebiasaan konsumsi buah di Indonesia masih di angka 35,52 kg per kapita per ta­hun. Padahal angka kon­sumsi buah yang ideal me­nurut FAO se­ha­rusnya 75 kg per kapita per tahun.(h/kcm)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]