Menanti Permainan Berenergi Tinggi


Jumat, 16 Oktober 2015 - 19:42:03 WIB
Menanti Permainan Berenergi Tinggi

Gegenpressing sendiri pada da­sar­nya adalah cara bermain dengan menekan oposisi secepat mungkin, bahkan sampai me­ngeru­bungi pe­main lawan saat ke­hi­langan bola. Hal ini tentu menuntut energi besar, karena pemain harus berlari ke sana-sini untuk mengejar bola.

Baca Juga : Liga Inggris, Manchester City Libas West Ham United 2-1

Filosofi ini masih akan diusung Klopp di Liverpool. Liverpool sendiri sebenarnya tak terlalu asing dengan gaya bermain agresif dan menekan seperti ini, karena sempat bermain dengan gaya serupa ber­sama Bren­dan Rodgers dua musim lalu.

Namun, diyakini Klopp akan menyempurnakan lagi cara ber­main tersebut. Liverpool akan dibuatnya lebih agresif, sampai-sampai menyebut istilah ‘full thro­ttle’ atau tancap gas untuk meng­gam­barkan hasratnya akan cara bermain Jordan Henderson dkk.

Baca Juga : Laga Internal Game, Skuat Garuda Terganggu Cuaca Panas

Memang bakal butuh waktu bagi Liverpool untuk menampilkan permainan yang diusung Klopp secara sempurna. Namun pada laga melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane, Sabtu (17/10) malam WIB, sinyal-sinyal peruba­han diyakini sudah bisa terlihat.

“Klopp bakal punya sebuah cara yang sangat jelas untuk mela­kukan berbagai hal. Dia akan menyampaikan pesan kepada para pemain untuk memberikan mereka sebuah gambaran akan apa yang dia harapkan,” kata eks pemain Liverpool, Jan Molby.

Baca Juga : Jaring Atlet untuk Iven Nasional, Tim Taekwondo Pariaman Uji Tanding

“Perubahan taktik memang akan lebih ke jangka panjang, tapi akan ada sejumlah hal yang dia bakal mampu lakukan untuk mem­bantu para pemain. Saya tidak percaya Spurs bermain dengan sangat baik, tapi mereka cuma kalah di laga pembuka musim ini, jadi mereka dalam laju tak ter­kalahkan yang panjang. Ini akan sulit, mereka juga akan termotivasi dan ingin menunjukkan yang me­reka bisa lakukan. Kita akan meli­hat dua tim yang relatif muda, fit dan bakal habis-habisan,” tam­bahnya, seperti dilansir detiksport.com.

Diukatakannya, Klopp dikenal untuk gayanya membuat para pemain banyak berlari, yang ter­dengar simpel. Tapi, harus meya­kinkan para pemain bahwa yang dilakukan itu benar. “Dia bakal punya statistik dari Dortmund untuk mendukung ide-idenya. Tapi, apapun yang terjadi bukan soal kurangnya usaha. Akan ada nuansa baru pada diri kami dan saya rasa kita akan melihat sepakbola tancap gas Klopp di White Hart Lane,” ujar Molby.

Baca Juga : Ini 5 Kandidat Peraih Trofi Ballon dOr 2021 hingga Februari, Ada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Manfaatkan Adaptasi Klopp

Sementara Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino tak gentar menghadapi Liverpool bersama Juergen Klopp. Dia me­nilai timnya justru diuntungkan, karena Klopp bakal butuh waktu untuk adaptasi dengan The Reds.

Pochettino optimistis kali ini, tim besutannyalah yang bakal meraih kemenangan. Tetap tak memandang remeh Klopp yang sukses mengantarkan Borussia Dortmund menjadi runner-up Liga Champions, Pochettino melihat ada celah untuk bisa mengalahkan ‘Si Merah’.

“Para pemain harus yakin de­ngan filosofi dan ide-ide sang manajer. Itulah hal terpenting dalam sebuah tim. Kemudian bakal diikuti pengenalan kultur, per­bedaan mental dan perbedaan sepakbola,” kata Pochettino seperti dikutip Guardian.

“Memang sih dengan Klopp yang sudah membuktikan diri mam­pu mengantarkan sebuah tim ke final Liga Champions, dia tentunya mempunyai kemampuan untuk mengadaptasi ide-ide dia dengan kultur yang baru dan sepak­bola. Tapi, kami mempunyai level yang sama, dengan mental yang sama dengan para pemain Liver­pool. Dalam angka, mereka akan mem­berikan 200 persen komitmen dan antusiasme mereka. Ya, ke­datangan manajer baru akan selalu memantik semangat para pemain untuk tampil sebaik mungkin. Tapi, itu tak cukup membuat kami was-was. Men­talitas kami siap untuk memenangkan per­tan­di­ng­an itu,” jelas dia.

Liverpool saat ini ada di posisi 10 kla­semen dengan nilai 12 dari delapan laga. Se­men­tara Spurs ada di uru­tan de­lapan dengan 13 poin dari ju­m­lah pertandingan yang sama. (h/nas)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]