KPU Padang Periksa Kelayakan 1.592 Kotak Suara


Jumat, 16 Oktober 2015 - 19:51:55 WIB

“Untuk persediaan lo­gis­tik kita mencukupi dan sudah dilakukan persiapan salah satunya mem­ber­sih­kan kotak suara dari stiker pemilu tahun sebelumnya, dan mengganti gembok yang rusak,” terang Ko­mi­sioner KPU Padang Yusrin Triananda kepada Haluan, Jumat (16/10).

Selain mempersiapkan logistik pilgub, saat ini kata Yusrin pihaknya sedang membereskan pemilih yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Ia mengimbau, masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT, agar segera me­la­por­kan ke kelurahan atau PPS tempat berdomisili dengan membawa kartu tanda pe­ngenal seperti KTP, KK, atau NIK.

Masyarakat yang belum masuk dalam DPT akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DP­TB)1. Pelaporan nama yang belum terdaftar ini sudah dimulai sejak tanggal 14 Oktober hingga 23 Oktober 2015.

“Kami mengimbau, ma­syarakat sudah saatnya pe­du­li dengan hal ini.  Karena KPU dan jajaran sudah be­ru­saha menempelkan pe­ngu­muman di kelurahan dan tempat-tempat umum lain­nya agar masyarakat melihat nama mereka apa­kah sudah ada atau belum,” urainya.

Terkait DPT lembaga pemasyarakatan (Lapas), pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Padang, dan lebih dari 200 pemilih Lapas sudah diberikan data atau NIK nya pada KPU.

“Untuk pemilih yang ada di lapas namun mereka bukan warga Kota Padang, nah ini kita minta tolong dan melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten kota agar mencek apakah yang bersangkutan terdaftar atau tidak,” ujar YUsrin.

Jika memang tidak ter­daftar, maka pihaknya akan mencoba membantu dan bekerjasama dengan KPU kabupaten kota lainnya untuk kepengurusan A5 bagi pemilih Lapas.

“Kita selesaikan dulu satu per satu pekerjaan kita, untuk sekarang kita tun­taskan dulu DPTB 1, kalau sudah selesai baru kita akan fokus untuk mengurus pe­milih Lapas ini. Karena pendataan ini mesti jeli dan hati-hati agar tidak terjadi kekeliruan atau data yang dempet,” tambahnya. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:09:43 WIB

    Pemilih Disabilitas Keluhkan Sosialisasi KPU

    Pemilih Disabilitas Keluhkan Sosialisasi KPU PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kelompok disabilitas menilai minimnya sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat partisipasi pemilih disabilitas rendah. Sosialisasi yang diberikan kepada penyandang disabilitas juga dib.
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 11:10:40 WIB

    Rekap Suara KPU, Mahyeldi-Hendri Menang Telak di Pilkada Kota Padang

    Rekap Suara KPU, Mahyeldi-Hendri Menang Telak di Pilkada Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM –Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Padang yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (4/7), menetapkan Mahyeldi - Hendri Septa mendapatkan suara 212,526 atau 62,92 persen..
  • Kamis, 28 April 2016 - 04:38:37 WIB
    12 Ribu KTA Sudah Didistribusikan

    Perindo Siap Diverifikasi KPU

    PADANG, HALUAN — Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Indonesia (DPW Perindo) Sumbar, siap mengikuti verifikasi faktual yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu, juga mengkla.
  • Kamis, 07 April 2016 - 03:31:05 WIB
    Pilkada Jilid II

    Pemprov Sumbar Tunggu Arahan Mendagri dan KPU

    PADANG, HALUAN — Hingga saat ini belum ada keputusan dari Kemendagri dan KPU kabupaten/kota mana saja yang akan menjadi peserta Pilkada serentak gelombang kedua yang dilaksanakan pada 2017. .
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:58:18 WIB
    Pilkada Payakumbuh dan Mentawai

    KPU Singkronkan Kebutuhan Anggaran

    PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Tim TAPD Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Mentawai, hingga kini masih men­sing­kron­kan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan pilkada di kedua daerah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]