Kabut Asap Bukan Bencana Nasional


Jumat, 16 Oktober 2015 - 19:53:01 WIB

“Tidak bisa seenaknya menentukan dan menetap­kan suatu bencana nasional,” ujarnya, Jumat (16/10). Pramono mengatakan, walaupun bukan bencana nasional, tindakan penang­gulangan yang telah dilakukan sudah seperti penanganan bencana nasional. Semisal, me­ngerah­kan sekitar 22 ribu satuan gabungan TNI, Polri, dan BNPB. Dia menerangkan, penentuan bencana nasional telah diatur oleh undang-undang.

Masih Ada 1.005 Titik Api

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjai­tan menyebutkan, masih ada sebanyak 1.005 titik api di kawasan Sumatera Selatan dan Kalimantan. Sebanyak 6 Satgas pemadaman api dibagi ke dua wilayah tersebut.

Luhut mengatakan, upaya pemadaman yang dilakukan melalui hujan buatan dan water bom­bing dalam beberapa hari terakhir tidak cukup efektif. Salah satu penyebabnya karena wilayah yang terbakar adalah lahan gambut yang sulit dipadamkan. “Mengelola gambut itu sangat sulit. Sedang­kan, hampir 6,8 persen lahan yang terbakar itu lahan gambut,” kata Luhut, Jumat (16/10/2015).

Selain itu, hambatan juga disebabkan em­bu­san El Nino yang cukup kencang. El Nino yang terjadi kali ini dinilai lebih kencang dari yang terparah sejak tahun 1997-1998. Adapun, dampak kabut asap cukup parah terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Hingga saat ini pemadaman tidak hanya meng­gunakan pesawat, tetapi melalui darat oleh para prajurit TNI. “Pesawat semua akan diproyeksikan di sana dulu. Kita berharap dalam 3-4 hari terjadi pengurangan di Sumsel,” kata Luhut. (h/rol/kcm)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Oktober 2015 - 20:06:41 WIB

    19 Orang Meninggal Akibat Kabut Asap

    JAKARTA, HALUAN — Setelah lebih dari seratus harikebakaran hutan dan lahan (Kahutla) melanda sejumlah wilayah di Indonesia, tercatat sudah ada 19 orang yang tewas akibat bencana tersebut.

    “Sampai pagi ini yang.

  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:20:16 WIB

    Korban Kabut Asap Akan Dievakuasi

    2 KRI DIBERANGKATKAN KE KALIMATAN-SUMATERA

    JAKARTA, HALUAN — Pemerintah berencana mengevakuasi warga korban kabut asap. TNI AL pun sudah menyiapkan kapal perang sesuai .

  • Ahad, 06 September 2015 - 20:07:56 WIB

    Antisipasi Kabut Asap Lamban

    Politisi Partai Demokrat akhirnya angkat bicara soal kabut asap. Pentolan partai berlambang bintang mercy ini menilai lang­kah Presiden Jokowi lamban untuk me­nangani hal serupa, jika dibandingkan de­ngan langkah mantan.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]