Realisasi Program APBN Belum Capai Target


Jumat, 16 Oktober 2015 - 19:59:18 WIB

Penjabat Gubernur Sum­bar, Reydonnyzar Moe­nek dihubungi Haluan melalui sambungan telepon Kamis (15/10) mengatakan, belum tercapainya target ini di­karenakan dalam p­­e­lak­sa­naan program pemerintah yang bersumber dari APBN me­ngalami sejumlah ken­dala, salah satunya belum se­le­sainya nomenklatur an­tar kementrian di pusat.

“Kemarin kita sudah adakan rapat dengan Kabu­paten/Kota untuk mem­berikan pema­haman tentang sinkronisasi pusat dengan daerah. Memang ada se­jum­lah program nasional dalam bentuk dekonsentrasi tidak berjalan maksimal, namun ini akan kita sinkronkan agar realisasinya dapat di­percepat,” ujarnya.

Selain nomenklatur, se­jumlah persoalan ren­dah­nya realisasi fisik dan ke­ua­ngan tersebut akibat Pe­tun­juk Tek­nis (Juknis) dan Pe­tunjuk Pelaksana (Juklak) kegiatan yang tak kunjung turun. Be­gitu juga kegiatan memang dijadwalkan pada akhir tahun dari pusat. “Ter­lambatnya tender dari pusat juga turut mempengaruhi se­rapan ang­garan ini,” paparnya.

Untuk diketahui, pada 2015 anggaran Pemprov Sumbar dari APBN men­capai Rp3,53 triliun dengan rincian Rp2,9 triliun APBN murni, Rp574 miliar Pin­jaman Hutang Luar Negeri (PHLN) dan Rp394 juta dari Bantuan Luar Negeri (BLN). Kendala lainnya masih belum tercapainya target ini yaitu, adanya kebijakan efisiensi dari pusat. Selain itu, ada Daftar Isian Pen­g­gunaan Anggaran (DIPA) SKPD yang berasal dari APBN-P baru diterima pa­da Juli 2015.

“Kita optimis dalam waktu tersisa dapat me­ning­katkan realisasi keuangan dan fisik sesuai target. Tar­get kita nanti akhir tahun 95 persen,” terangnya.

Sementara itu untuk rea­lisasi Satuan Kerja Pe­rang­kat Daerah (SKPD) realisasi fisik SKPD yang tertinggi, Badan Per­pus­takaan dan Arsip se­b­esar 77,31 persen kemudian di­ikuti BPBD diangka 73, 9 persen dan Ketahanan Pa­ngan dengan angka 72,7 per­sen. Untuk realisasi te­rendah adalah RS Achmad Muctar 0,00 persen, Badan Diklat 5,0 prsen dan BPM hanya 17,5 persen. Sementara untuk rea­lisasi keuangan BPBD ter­tinggi dengan capaian 94,8 persen, Badan Kearsipan dan Perputakaan 63 persen dan Badan Ketahanan Pa­ngan 60 persen. Sedangkan yang terendah Badan Diklat, RSUD Padang Pariaman dan RSUD Solok.

Realisasi fisik di tingkat dinas. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan mencapai 88 persen, Dinas Sosial 76 persen dan Dinas Kelautan dan Perikanan mencapai 65 persen. Sedangkan realisasi fisik terendah, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hanya 13,90 persen, Dinasnakertrans 21,7 per­sen dan Kehutanan 33,95 persen. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:53:32 WIB

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang menetapkan target pajak daerah pada tahun 2020 Rp641 miliar. Pajak ini terdiri dari 11 item, yakni pajak restoran, hotel, hiburan, reklame, parkir, air.
  • Senin, 13 Januari 2020 - 21:49:42 WIB

    Tahun Ini, Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang

    Tahun Ini, Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minat wisatawan untuk mengunjungi pulau-pulau di perairan Kota Padang terus meningkat. Hal itu dirasakan masyarakat dengan berkembangnya jasa penyewaan perahu dan tour guide..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 22:27:11 WIB

    Sekdako Padang Ingatkan OPD Agar 50% Anggaran Terealisasi Semester I

    Sekdako Padang Ingatkan OPD Agar 50% Anggaran Terealisasi Semester I PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul menghimbau setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Setdako Padang untuk dapat memacu pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan, agar a.
  • Senin, 10 Juli 2017 - 16:12:03 WIB

    OPD Mesti Kebut Realisasi PAD

    PADANG, HALUAN -- Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang tahun 2016 lalu hanya Rp391 Miliar, tidak sesuai yang ditargetkan yakni, Rp476 Miliar. .
  • Jumat, 12 Mei 2017 - 01:31:01 WIB

    Realisasi Retribusi DLH tak Capai Target

    PADANG, HALUAN -- Hingga bulan ke empat di tahun 2017 realisasi retribusi di Dinas lingkungan Hidup Kota Padang baru 16,13 persen. Capaian ini masih jauh dari target sekitar 20 persen yang ditargetkan DLH. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]