PDIP Kembali Bidik Luhut dan Rini


Jumat, 16 Oktober 2015 - 20:08:01 WIB

Seperti diketahui, Andi Wi­djajanto pun telah tersingkir dari Kabinet Kerja, namun Rini dan Luhut masih bertahan.  Luhut yang semula menjabat Kepala Staf Kepresidenan malah makin perkasa dengan posisi baru Men­ko Polhukam.

Politikus PDIP yang duduk di Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, kembali melontarkan serangan tajam kepada Menteri Rini. Langkah serupa juga pernah dilakukannya menjelang reshuf­fle kabinet jilid satu.

“Umpamanya begini, contoh utang luar negeri BUMN yang begitu besar, itu kan tidak ada kaitan dengan publik. Kemen­terian BUMN dibentuk kan untuk mengelola aset-aset negara terus mendatangkan laba. Tapi, kalau belum untungin tak ada manfaatnya, perekonomian me­lam­bat, terus ngapain? Mestinya ada terobosan,” ujarnya, Kamis (15/10) malam kemarin.

Masinton juga menyinggung program kereta cepat Jakarta-Bandung yang didukung Rini Soemarno belum menjadi prio­ritas infrastruktur kebutuhan rakyat. Lebih baik, menurutnya, fokus peran Kementerian BUMN bisa dimaksimalkan.

Tak hanya Rini, ia juga me­nyorot kinerja menteri yang dikoordinasikan oleh Menko Polhukam Luhut Pandjaitan. Menurutnya, perlu juga dilaku­kan pembenahan Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Acuannya karena menyangkut beberapa kejadian bentrokan seperti di Tolikara, Papua, tam­bang pasir Lumajang sampai Singkil Aceh.

“Ketidakhadiran negara di bidang Polhukam ini belum maksimal karena ada kejadian di Lumajang, Singkil Aceh, dan Tolikara. Itu menurut saya,” tuturnya.

Terkait sindiran itu, Luhut mengatakan sampai kini dirinya belum mendengar adanya ren­cana reshuffle kabinet jilid dua. Namun bagi Luhut dirinya adalah menteri yang hanya menurut kata Presiden. “Nggak tahu tergan­tung Presiden mau apa kita nurut aja,” katanya, Jumat (16/10).

Terkait sindiran dari elite PDIP, Luhut juga tak terlalu menanggapi. “Nggak tahu saya, tanya aja ke PDIP. Tadi kan ada tuh PDIP coba tanya aja,” ujarnya.

PAN Makin Intens

Sementara itu, seiring dengan semakin menguatnya isu re­shuffle jilid II, PAN disebut-sebut akan masuk ke kabinet lewan momen ini. Di tengah derasnya isu, Ketum PAN Zulkifli Hasan makin intens bertemu Presiden Jokowi.

“Pekan depan Pak Zulkifli Hasan bertemu lagi dengan Pre­siden Jokowi. Membahas isu kekinian, mungkin salah satunya reshuffle,” ujar Ketua DPP PAN Yandri Susanto. (hr/bbs/dtc/ral/sis)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 September 2020 - 09:29:13 WIB

    Cawalkot dari PDIP Ini Ngaku Alami Pelecehan Seksual oleh Paslon PKS

    Cawalkot dari PDIP Ini Ngaku Alami Pelecehan Seksual oleh Paslon PKS HARIANHALUAN.COM - Bakal calon wali kota Depok yang diusung PDI Perjuangan, Afifah Alia menyebarkan pengakuan terkait dugaan pelecehan seksual yang ia terima dari pasangan calon (paslon) lawannya Imam Budihartoni alias IBH ya.
  • Senin, 07 September 2020 - 07:32:45 WIB

    Sekjen PDIP: Kami Tetap akan Bangun Sumbar

    Sekjen PDIP: Kami Tetap akan Bangun Sumbar HARIANHALUAN.COM - PDIP menegaskan dukungan mereka untuk kemajuan Provinsi Sumatera Barat tak akan pernah luntur. Bagi PDIP dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pembangunan di Sumatera Barat wajib dilakukan..
  • Jumat, 04 September 2020 - 11:26:12 WIB

    Soal Statemen Puan Maharani tentang Sumbar, PKS Minta PDIP Bercermin

    Soal Statemen Puan Maharani tentang Sumbar, PKS Minta PDIP Bercermin HARIANHALUAN.COM - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta PDI Perjuangan (PDIP) --yang kerap kalah dalam proses pemilihan umum (Pemilu) di Sumatera Barat (Sumbar)-- untuk bercermin..
  • Kamis, 03 September 2020 - 09:13:09 WIB

    Curhat Megawati: Kenapa Ya Rakyat Sumbar Belum Menyukai PDIP?

    Curhat Megawati: Kenapa Ya Rakyat Sumbar Belum Menyukai PDIP? HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku sulit untuk mendapatkan simpati rakyat Sumatera Barat (Sumbar). Dia mengatakan, hal itu berdampak pada sulitnya mencari.
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:07:02 WIB

    Terungkap! Putra Jokowi Bukan Lulusan Terbaik Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP

    Terungkap! Putra Jokowi Bukan Lulusan Terbaik Sekolah Calon Kepala Daerah PDIP HARIANHALUAN.COM - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-Perjuangan menyatakan bakal calon Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka, lulus Sekolah Calon Kepala Daerah yang digelar pada 21 hingga 25 Agustus. Meski begitu, .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]