APK Paslon Solsel Dirusak


Jumat, 16 Oktober 2015 - 20:16:15 WIB

Seperti terlihat di depan Istana Raja Balun, Ke­ca­matan KPGD beberapa um­bul-umbul pasangan calon (Paslon) yang tampak tum­bang dan robek. Sementara, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muara Labuh pu­luhan umbul-umbul yang dipasang di lingkar RTH jalan beberapa telah hilang dan rusak.

Kemudian, sangat me­ngejutkan d isalah satu ke­nagarian di Kecamatan Pauh Duo umbul-umbul pas­lon seperti sengaja di­lobangi di bagaian gambar kepala atau wajah paslon.

“Sangat disayangkan, belum habis masa ka­m­panye, sejumlah APK sudah banyak yang hilang dan rusak, tentu persoalan ini hendaknya segera di­tin­daklanjuti KPU, tidak perlu menunggu dan harus jemput bola,” kata Tim pem­e­na­ngan Paslon Muzni Zakaria-Abdul Rahman, H Mur­siwal kepada Haluan, Jumat (16/10).

Hal senada juga di­sam­paikan Tim Pemenangan Paslon Khairunas- Edi Su­santo, Alnoveri.

“KPU sebaiknya turun langsung ke lapangan guna melihat kondisi APK yang rusak dan roboh, jangan dibiarkan, karena APK itu merupakan sarana untuk mensosialisasikan paslon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pil­kada nanti. Dan kami akan segera memberikan laporan tertulis,” tandas Alnoveri.

Divisi Teknis KPU Sol­sel, Nila Puspita me­nga­takan, adanya sejumlah APK yang roboh dan rusak di­sebabkan angin atau ada yang disengaja oknum. Ia mengharapkan koordinasi dari Panitia Pengawas Pe­milu (Panwaslu).

“Hendaknya Panwaslu melakukan koordinasi de­ngan KPU terkait APK yang rusak, selama ini kami ha­nya mendapat laporan dari PPK dan masyarakat. Se­hingga kami belum bisa memunculkan anggaran un­tuk melakukan perbaikan dan pergantian karena be­lum ada rekomendasi Pan­waslu,” tandas Nila.

Menurutnya, KPU su­dah mulai menurunkan se­mua APK yang rusak di lokasi RTH Muara Labuh dan untuk lokasi lain juga akan dilakukan hal yang serupa. Ia mengatakan tin­dakan perusakan APK me­ru­pakan pidana pelanggaran pemilu.

“Untuk itu, sesuai pe­raturan yang ada, kita me­ngajak kepada tim paslon agar dapat bekerjasama de­ngan KPU guna me­nye­lesaikan masalah APK ini. Mari kita saling bahu mem­bahu mensukseskan pelak­sanaan Pilkada di Sol­sel,” tutupnya. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]