Produksi Padi Sumbar Baru 2,5 Juta Ton


Ahad, 18 Oktober 2015 - 19:23:53 WIB

Ia menjelaskan, untuk mencapai target tersebut saat ini pihaknya gencar menggiatkan berbagai program kegiatan dan bantuan seperti Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedele (Upsus Pajale).

Dalam Upsus Pajale, Distan Sumbar bekerjasama dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam pengamanan penyaluran pupuk dan bibit, sehingga sampai tepat waktu dan sasaran ke tingkat petani.

Kemudian, juga bekerjasama dengan Universitas Andalas (Unand) sebagai fasili­tator, motivator dan advisor bagi petani dalam menjalankan kegiatan pertaniannya. “Sedang­kan kami lewat penyuluh pertaniajn yang ada bertugas memperkuat kelembagaan petani serta kelembagaan usaha pertanian,” jelasnya seperti dilansir antarasumbar.

Selain program bantuan melalui Upsus Pajale, lanjutnya, pihaknya juga memberikan bantuan berupa hand tractor pada kelompok-kelompok tani, sehingga mempercepat peng­garapan lahan pertanian.

Tak hanya itu, Distan Sumbar juga telah melakukan perbaikan terhadap saluran tersier irigasi. Bahkan, hingga Oktober tahun ini lebih 70 ribu hektare yang tersebar di 19 kabupaten/kota. Sementara, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat berdasarkan Aram I 2015 produksi padi di Sumbar sebesar 2,6 juta ton lebih, naik 4,8 persen dari produksi tahun 2014 sebesar 2,5 juta ton.

Kepala BPS Sumbar Yomin Tofri menga­takan kenaikan itu dipicu adanya peningkatan luas panen sebesar 14.595 hektare dan meningkatnya produktivitas lahan 1.44 persen per hektare. “Ini juga tak lepas dari berbagai program yang digulirkan pemerintah untuk mencapai swasembada pangan pada 2019 mendatang,” sebutnya. (h/yan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]